PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MICROSOFT POWERPOINT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX 3 DI SMP NEGERI 3 TELUK KUANTAN

  • Iga Silvia Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Ikrima Mailani Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Alhairi Alhairi Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Microsoft Powerpoint, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas IX 3 di SMP Negri 3 Teluk Kuantan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan media pembelajaran Microsoft PowerPoint dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP N 3 Teluk Kuantan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian di lakukan dua siklus untuk melihat peningkatan motivasi belajar yang di hasilkan dari setiap siklus. Pengumpulan data di lakukan dengan observasi dan dokumentasi. Data pada penelitian ini di analisis dengan analisis kuantitatif menggunakan teknik persentase.Penggunaan media PowerPoint pada pembelajaran PAI & BP dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IX 3 SMP N 3 Teluk Kuantan. Hal ini terlihat berdasarkan hasil observasi setiap siklusnya. Peningkatan motivasi belajar peserta didik dimana pada pra siklus dengan rata-rata 51,2%, mengalami kenaikan pada siklus I pertemuan I dengan persentase 60%, sedangkan pada siklus I pertemuan II 71,42% dan pada siklus II pertemuan I persentase ketuntasan meningkat 77,4% sedangkan pada siklus II pertemuan II meningkat sebesar 87,5%.  Hal ini terlihat berdasarkan hasil observasi setiap siklusnya, peningkatan motivasi belajar peserta didik terlihat mulai dari siklus I sampai siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dan uraian di atas menunjukan bahwa, penggunaan media PowerPoint efektif untuk meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik di kelas IX 3 SMP N 3 Teluk Kuantan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisatul Azizah Dan Fayakunia Realita Fatamorgana, “Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran”, Jurnal Auladona, Vol. 3 No. 1, (2021), hal 17

Dewi Fitri Yeni, “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP N 4 Koto Diatas”, Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol 10 No. 2, (2022), hal 135

Diana Ayu Ramadhani dan Muhroji Muhroji, “Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu. Vol. 6, No. 3 (2022): hal. 4856,.

Erhans dan Yuda, Vehrawati, Microsoft Power Point 200.... hlm. 78.

Intan Nurhasana, “penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran bahasa arab”, Al-Fikru : jurnal pendidikan dan sains, Vol 2 No. 2 (2021), hal 219

Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru...hal. 71.

Maknunah, D., “Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Bagi Pendidik Di Madrasah Tsanawiyah” ,Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Khaira Ummah, Vol. 1, No, 1 Tahun 2022, hlm.53-60

Nuruh Hasanah, “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran”, Jurnal Pengabdia Kepada Masyarakat, Vol. 1 No. 2, (Desember 2020), hal 38

Pelawi, dkk. Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional: Jurnal Education and development institut pendidikan tapanuli selatan, vol 9 No. 2, 2021

Siti Nur Azizah, “ Media pembelajaran dalam perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadits”, Jurnal Literasiologi, Vol. 6 No. 1, (Januari-Juni 2021), hal 68

Suparman dan Junaidi, “Upaya Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar”, Jurnal Basicedu, Vol 7 No. 6, (2023), hal 3951

Wawancara dengan Ibu Surya Daswani, selaku guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP N 3 Teluk Kuantan, tgl. 6 Januari 2023.

Sukiman,Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer, Pedagogia... hal 213-214

Published
2024-01-25
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times