PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 002 KUANTAN HILIR SEBERANG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya Kompetensi Kepribadian Guru sebagai faktor yang mempengaruhi Karakter Peserta Didik, terutama bagi guru PAI.Hal ini dikarenakan perannya sebagai pendidik yang mengajarkan sekaligus yang memberikan keteladanan dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter. Namun di SMP Negeri 002 Kuantan Hilir Seberang, ditemukan gejala-gejala yang menunjukkan adanya kesenjangan antara kondisi di lapangan dengan teori di mana secara umum, Kompetensi Kepribadian Guru PAI dapat dikatakan baik namun terdapat fenomena Karakter Peserta Didik yang bermasalah meski tidak pada seluruh nilai karakter.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan Kompetensi Kepribadian Guru PAI terhadap Karakter Peserta Didik Kelas VIII A di SMP Negeri 002 Kuantan Hilir Seberang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif kausal dengan jumlah sampel sebanyak 32 orang. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket sebagai sumber data primer dan wawancara beserta observasi sebagai sumber data sekunder. Adapun teknik analisis datanya menggunakan rumus Regresi Linier Sederhana yang diolah menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Kompetensi Kepribadian Guru PAI terhadap Karakter Peserta Didik Kelas VIII A di SMP Negeri 002 Kuantan Hilir Seberang berdasarkan hasil Uji T di mana nilai thitung 4,946 > dari pada nilai ttabel 2,042. Demikian pula dengan melihat nilai signifikansinya (Sig.) 0,000 < dari pada nilai kritis 0,05
Downloads
References
Aisyah M. Ali. 2018. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Jakarta: KENCANA.
C. Trihendradi. 2012.Step By Step SPSS 20 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Een Saenah. “Pengaruh Modernisasi Abad 21 terhadap Peran Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam” dalam GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, Vol. 2, No. 1, 2022, hal. 113, pp. 129-136, [http://202.162.210.184/index.php/guau/article/view/145].
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
S. Nasution. 2011. Metode Research. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sopiatun Nahwiyah dkk,”Pengaruh Sistem Full Day School Terhadap Karakter Siswa Di SMA Negeri 2 Teluk Kuantan” : JOM FTK UNIKS (Jurnal Online Mahasiswa FTK UNIKS), Vol.1,No.2, 2020, hal.48
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Copyright (c) 2024 Nur Aziza, Sopiatun Nahwiyah , Ahmad Mualif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.