Implementasi Pembelajaran Kitab Hidayatus Shibyan Pada Kemampuan Membaca Al – Qur’an Santri Kelas Ii Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al – Ma’arif Singingi

  • Riski Salwadani Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Bustanur Bustanur Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Ahmad Mualif Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Hidayatus Shibyan, Kemampuan Membaca Al – Qur’an

Abstract

Penelitian ini mengangkat tentang Implementasi Pembelajaran Kitab Hidayatus Shibyan Pada Kemampuan Membaca Al – Qur’an Santri Kelas II Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al – Ma’arif Singingi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya santri yang belum mampu menerapkan kaidah ilmu tajwid dengan baik dan benar saat dalam membaca Al – Qur’an. Dan untuk memudahkan santri dalam membaca Al – Qur’an maka perlu menggunakan sumber belajar yang tepat, adapun sumber belajar yang digunakan di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al – Ma’arif Singingi untuk meningkatkan kemampuan membaca Al – Qur’an adalah kitab tajwid yang bernama Hidayatus Shibyan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa melalui pembelajaran kitab Hidayatus Shibyan ini mampu memperoleh  kemampuan membaca Al – Qur’an pada santri kelas II Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al – Ma’arif Singingi. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data nya meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data atau kesimpulan serta menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Setelah dilakukan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Kitab Hidayatus Shibyan mampu memperoleh perubahan pada kemampuan membaca Al – Qur’an pada santri kelas II Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al – Ma’arif Singingi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdrurrozaq Novandi, Jaenal Abidin. “ Konsep Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Kitab Hidayatus Shibyan”. Vol. 9, No. 2, 2022

Al – Qur’an dan Terjemahnya. 2017. CV Penerbit J – ART. 604 hlm

Asnan Purba dan Maturidi, “ Mendidik Anak Mencintai Al – qur’an ”, Edukasi Islami, Vol. 08, No. 2, 2019

Mahdali Fitriyah. Analisis Kemampuan Membaca Al – Qur’an dalam Perspektif Sosiolog Pengetahuan. MASDHAR. Jurnal Studi Al – Qur’an dan Hadits, Vol. 2, No. 2, 143 – 146, Tahun 2020

An – Nuri Ahmad. 2021. Panduan Tahsin Tilawah Al – Qur’an dan Ilmu Tajwid. Jakarta. Pustaka Al – Kautsar. 495 hlm

Nesia Anike Putri, dkk. “Implementasi Metode Talaqi dalam Pembelajaran Tajwid Kitab Tuhfatul Athfal di Rumah Peradaban Qurani Rajabasa Bandar Lampung”. Tahdzib Al – Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 6, No 2, 224 – 237, 2023

Oktaviani Ike Indah. 2022. “Implementasi Ilmu Tajwid Dala Kitab Hidayatus Shibyan Pada Kemampuan Membaca Al – Qur’an Di Kelas 1 Pondok Pesantren Roudlotussa’Adah Kedungeringin Jatilawang Banyumas”

Sugiono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan, Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung. ALFABETA. 908.hal
Published
2024-07-24
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times