Implementasi Pembelajaran Kitab Hidayatus Shibyan Pada Kemampuan Membaca Al – Qur’an Santri Kelas Ii Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al – Ma’arif Singingi
Abstract
Penelitian ini mengangkat tentang Implementasi Pembelajaran Kitab Hidayatus Shibyan Pada Kemampuan Membaca Al – Qur’an Santri Kelas II Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al – Ma’arif Singingi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya santri yang belum mampu menerapkan kaidah ilmu tajwid dengan baik dan benar saat dalam membaca Al – Qur’an. Dan untuk memudahkan santri dalam membaca Al – Qur’an maka perlu menggunakan sumber belajar yang tepat, adapun sumber belajar yang digunakan di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al – Ma’arif Singingi untuk meningkatkan kemampuan membaca Al – Qur’an adalah kitab tajwid yang bernama Hidayatus Shibyan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa melalui pembelajaran kitab Hidayatus Shibyan ini mampu memperoleh kemampuan membaca Al – Qur’an pada santri kelas II Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al – Ma’arif Singingi. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data nya meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data atau kesimpulan serta menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Setelah dilakukan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Kitab Hidayatus Shibyan mampu memperoleh perubahan pada kemampuan membaca Al – Qur’an pada santri kelas II Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al – Ma’arif Singingi.
Downloads
References
Al – Qur’an dan Terjemahnya. 2017. CV Penerbit J – ART. 604 hlm
Asnan Purba dan Maturidi, “ Mendidik Anak Mencintai Al – qur’an ”, Edukasi Islami, Vol. 08, No. 2, 2019
Mahdali Fitriyah. Analisis Kemampuan Membaca Al – Qur’an dalam Perspektif Sosiolog Pengetahuan. MASDHAR. Jurnal Studi Al – Qur’an dan Hadits, Vol. 2, No. 2, 143 – 146, Tahun 2020
An – Nuri Ahmad. 2021. Panduan Tahsin Tilawah Al – Qur’an dan Ilmu Tajwid. Jakarta. Pustaka Al – Kautsar. 495 hlm
Nesia Anike Putri, dkk. “Implementasi Metode Talaqi dalam Pembelajaran Tajwid Kitab Tuhfatul Athfal di Rumah Peradaban Qurani Rajabasa Bandar Lampung”. Tahdzib Al – Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 6, No 2, 224 – 237, 2023
Oktaviani Ike Indah. 2022. “Implementasi Ilmu Tajwid Dala Kitab Hidayatus Shibyan Pada Kemampuan Membaca Al – Qur’an Di Kelas 1 Pondok Pesantren Roudlotussa’Adah Kedungeringin Jatilawang Banyumas”
Sugiono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan, Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung. ALFABETA. 908.hal
Copyright (c) 2024 Riski Salwadani, Bustanur, Ahmad Mualif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.