Analisis Pelaksanaan Asesmen Formatif Dan Sumatif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Dan Budi Pekerti Di SMP Negeri 3 Hulu Kuantan)
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh hubungan yang erat antara pendidikan dengan asesmen dan evaluasi. Disetiap pembelajaran yang ada disekolah akan selalu ada yang namanya asesmen pembelajaran. Begitu juga pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Hulu Kuantan. Namun meski sudah diterapkan, justru ditemukan gejala-gejala sebagai berikut: (1) guru tidak meberikan feedback dalam bentuk menguraikan jawaban pada pertanyaan yang gagal dijawab siswa, (2) Kurangnya kesempatan yang diberikan oleh guru untuk melakukan refleksi diri, (3) Guru masih tetap menggunakan metode mengajar dan media pembelajaran yang sama secara terus menerus, (4) Guru tidak mengidentifikasi intervensi atau hambatan yang di temui oleh siswa, (5) Prestasi belajar akumulatif peserta didik yang kurang baik dan memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan Asesmen Formatif dan Asesmen Sumatif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Hulu Kuantan. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan Asesmen Formatif dan Asesmen Sumatif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Hulu Kuantan secara umum telah dikatakan baik. Karena dari 8 indikator Pelaksanaan Asesmen Formatif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Hulu Kuantan, 1 diantaranya belum sesui dengan teori. Dan dari 7 indikator Pelaksanaan Asesmen Sumatif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Hulu Kuantan, ada 2 yang belum dilaksanakan dengan baik
Downloads
References
Gunawan, Shiela, Robert Harry Soesanto. 2022. Keakuratan Umpan Balik Asesmen Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Pengerjaan Formatif Secara Dasring. vol 13. no 1. Refleksi edukatika: Jurnal ilmiah kependidikan.
Putri, Firani, Supratman Zakir. 2023. Mengukur Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran: Telaah Evaluasi Formatif dan Sumatif dalam Kurikulum Merdeka. vol 2. no 4. jurnal pendidikan sosial humaniora.
Simanjuntak, Irena Agatha, dkk. 2019. Asesmen Formatif Perkembangan Bahasa Anak. vol 4. no 8. Jurnal pendidikan:teori, penenlitian, dan pengembangan.
Sugiono. 2019. metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan). Bandung: Alfabeta.
_______. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D, Cetakan ke-2. bandung : ALFABETA.
Sufyadi Susanti, dkk. 2021. Panduan pembelajaran dan asesmen jenjang pendidikan dasar dan menengah. jakarta: pusat asesmen dan pembelajaran badan penelitian dan pengembangan dan perbukuan kementrian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.
Anggraena, Yogi, dkk. 2022. Panduan pembelajaran dan asesmen kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan menengah. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan asesmen pendidikan kementrian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi republik indonesia.
Anggraena, Yogi, dkk. 2022. Panduan pembelajaran dan asesmen pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan menengah. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan asesmen pendidikan kementrian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi republik Indonesia.
Copyright (c) 2024 Sendra Wati, Bustanur , Ikrima Mailani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.