Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Menggunakan Teori Pengukuran Klasik (Pada Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mata Pelajaran PAI dan BP Kelas VIII di SMPN 2 Kuantan Mudik)

  • Umi Nasyrah Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Bustanur Bustanur Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Zulhaini Zulhaini Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: analisis butir soal,, teori pengukuran klasik, tingkat kesukaran, daya pembeda, efektivitas pengecoh soal

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya 50% peserta didik kelas VIII yang belum mencapai KKM pada Penilaian Akhir Tahun (PAT) mata pelajaran PAI dan BP di kelas VIII SMPN 2 Kuantan Mudik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan bentuk tindak lanjut dari butir soal ditinjau menggunakan teori pengukuran klasik. Jenis penelitian ini adalah penelitian gabungan (Mixes Method), yaitu gabungan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Adapun sampel pada penelitian ini  menggunakan sampel total sebanyak 44 peserta didik. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis pada perangkat Penilaian Akhir Tahun (PAT). Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan validitas isi diketahui ada sebesar 94, 6 % butir soal memenuhi syarat aspek materi, 97,6% untuk aspek kontruksi dan 100% untuk aspek bahasa. Kemudian analisis level berpikir berdasarkan proporsi jenjang kognitif diketahui ada 18 soal termasuk C1 (Mengingat), 23 soal C2 (Memahami), 3 soal C3 (Mengaplikasikan), serta 6 soal C4 (Menganalisis). Selanjutnya berdasarkan teori pengukuran klasik diketahui bahwa soal memiliki tingkat kesukaran tergolong mudah, daya pembeda tergolong jelek, dan efektivitas pengecoh soal tergolong kurang baik (buruk). Maka tindak lanjut yang dilakukan yaitu ada 34 soal (direvisi) dan 16 butir soal sebaiknya (dibuang dan diganti).analisis butir soal,

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zainal, Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.
Arikunto, Suharsimi, Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Ketiga, Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
Guspan dan Linovita, Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Kuantan Mudik, wawancara (Bukit Kauman, 25 November 2023. Pukul 09.30 WIB).
Mania Sitti, Fitriani Nur, Ahmad Farham Majid, Nidya Nina Ichiana, dan Andi Ika Prasasti Abrar, Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah, [Al Asma : Journal of Islamic Education Vol. 2 No. 2 Tahun 2020] hlm. 274-284.
Muchlizani, Nurul, dkk. “Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V MI Radhiatul Adawiyah Makassar,” [Jurnal Inspiratif Pendidikan Vol. XII, No. 1 Tahun 2023], hlm. 234.
Regeta, Neko Rossa, dkk, “Analisis Butir Soal Pilihan Ganda pada Materi PLSV dan PTLSV Siswa SMP Negeri 2 Wiradesa”, [Prosandika Vol. 4, No. 1 Tahun 2022], Hlm. 477
Saat, Sulaiman dan Sitti Mania, Pengantar Metodologi Penelitian Panduan Bagi Peneliti Pemula. Gowa: Pusaka Almaida, 2019.
Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta, 2019.
Prawiki, Suci Mitra dan Helendra, “Analisis Kualitas Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 1 Teluk Sebong”, [Jurnal Biologi dan Pembelajarannya Vol. 17, No. 2 Tahun 2022], Hlm. 19.
Warju, dkk, “Analisis Kualitas Butir Soal Tipe HOTS pada Kompetensi Sistem Rem Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan”, [Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 17, No. 1 Tahun 2020], Hlm. 98.
Published
2024-07-09
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times