PENGEMBANGAN KURIKULUM INOVATIF DAN PENERAPAN ASESMEN PEMBELAJARAN PAI

  • Rizqah Fadhilah Bula Bula Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Muh. Arif
  • Mujahid Damopolii
  • Burhanuddin Abdul Karim Mantau
Keywords: Kurikulum Inovatif, Asesmen Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam konsep dan praktik pengembangan kurikulum inovatif serta penerapan asesmen dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan akan kurikulum PAI yang mampu merespons perubahan zaman, perkembangan teknologi, serta dinamika sosial budaya yang terus berkembang. Metode yang digunakan adalah penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, di mana sumber data diperoleh dari buku, artikel ilmiah, jurnal, dan dokumen-dokumen akademik yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum PAI yang inovatif perlu mempertimbangkan pendekatan yang kontekstual, integratif, dan berorientasi pada kebutuhan peserta didik abad ke-21. Kurikulum yang baik tidak hanya bersifat normatif-teoritis, tetapi juga aplikatif dalam mendukung terciptanya pembelajaran yang bermakna. Di sisi lain, asesmen pembelajaran berperan penting dalam mengevaluasi capaian kompetensi peserta didik secara komprehensif, mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penerapan asesmen yang tepat dapat menjadi instrumen strategis untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar. Oleh karena itu, integrasi antara pengembangan kurikulum yang inovatif dengan asesmen pembelajaran yang efektif menjadi elemen penting dalam menciptakan pendidikan agama yang relevan, adaptif, dan transformatif di era modern.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiyono, Adiyono, Julaiha & Jumrah, Siti. (2023). Perubahan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Is-lam di Madrasah Aliyah Negeri In-san Cendikia Paser. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(1).

Akhyar, Muaddyl, dkk. (2024). Strategi Adaptasi dan Novasi Kurikulum Pendidikan Islam di Era Digital 4.0. Instructional Development Jour-nal, 7(1).

Cholilah, Mulik, dkk. (2023). Pengem-bangan Kurikulum Merdeka da-lam Satuan Pendidikan serta Im-plementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad 21. San-skara Pendidikan dan Pengajaran, 1(2).

Dianti, Klis, dkk. (2025). Analisis Ases-men Diagnostik, Formatif dan Su-matif serta Implikasinya terhadap Efektivitas Sistem Evaluasi Pen-didikan. Jurnal Pendidikan dan Pem-belajaran Indonesia (JPPI), 5(2).

Febriani, Susanda, Iswantir, M. & Akhyar, Muaddyl. (2024). Pengembangan dan Inovasi Kurikulum Pendidi-kan Islam dalam Menghadapi Era Digital 4.0. Instructional Development Journal, 7(1).

Hanipah, Sri. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar dalam Memfasili-tasi Pembelajaran Abad Ke-21 pa-da Siswa Menengah Atas. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2).

Hasmiza, Hasmiza. (2025). Model Ku-rikulum Pendidikan Islam di Era Digital: Mengoptimalkan Teknolo-gi untuk Pembelajaran yang Ino-vatif. Research and Development Jour-nal of Education, 11(1).

Hatta, M. (2023). Analisis dan Implikasi Kurikulum Merdeka dalam Proses Pembelajaran dalam Kerangka Ku-rikulum Operasional Madrasah. Iqra': Jurnal Ilmiah Keislaman, 2(1).

Ikbal, Ahmad, dkk. (2025). Pengukuran, Evaluasi dan Asesmen serta Tujuan dan Fungsi Evaluasi dalam Pembelajaran PAI. Dharmas Educa-tion Journal (DE_Journal), 6(1).

Irfiana, Yuni & Quddus, Abdul. (2025). Pengembangan Kurikulum Pen-didikan Islam di Madrasah: Tin-jauan Literatur tentang Tantangan dan Inovasi. Tafhim Al-'Ilmi, 16(2).

Iswantir, M. (2024). Signifikansi Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Is-lam di Era 4.0. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(3).

Jassin, Siti Nur Adwiyah. (2023). Pengembangan Kurikulum Ino-vatif dan Penerapan Asesmen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Risalah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1).

Kasturi, Rima, dkk. (2025). Desain Pengembangan Kurikulum Pen-didikan Agama Islam di Indonesia. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidi-kan Madrasah Ibtidaiyah, 9(2).

Noviani, Dwi. (2020). Inovasi Kurikulum terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1).

Pramita, Sindi, Halimah, Siti & Ridha, Muhammad. (2025). Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Tasqif: Journal of Islamic Pedagogy, 2(1).

Putra, Fadli Padila. (2023). Pengem-bangan Tujuan Kurikulum Pen-didikan Agama Islam di Indonesia. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pen-didikan Agama Islam.

Rahmania, Savira & Sharfina‘Alaniah, Almas. (2024). Peta Posisi Lan-dasan Pengembangan Kurikulum dalam Pendidikan Islam. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 9(1).

Ramadhan, Iwan, Imran, I. & Suriyanisa, S. (2024). Implementation of Ku-rikulum Merdeka at SMA Negeri 1 Pontianak. Inovasi Kurikulum, 21(2).

Siratjudin, Siratjudin & Dewi, Desy Eka Citra. (2024). Pengembangan Ku-rikulum Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Memperkuat Nilai-Nilai Keagamaan Berdasarkan Kearifan Lokal di Kab. Kaur Bengkulu. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 5(1).

Sugiana, Aset. (2019). Pengembangan Ku-rikulum Pendidikan Agama Islam dan Implementasinya di Mts Nu-rul Ummah Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1).

Sultani, Sultani, Alfitri & Noorhaidi. (2023). Teori Belajar Humanistik dan Penerapannya dalam Pem-belajaran Pendidikan Agama Is-lam. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(1).

Yusuf, Muhammad & Hamami, Tasman. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Menyiapkan Peserta Didik dalam Menghadapi Tes Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Basicedu, 6(2).

Published
2025-07-04
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times