ISLAMISASI ILMU DITENGAH ARUS MODERNITAS: ANALISIS TANTANGAN DAN PELUANG BERDASARKAN PANDANGAN AL FARUQI DAN AL ATTAS
.
Abstract
Abstrak:
Artikel ini bertujuan untuk mengkaji konsep Islamisasi ilmu sebagai respons terhadap dominasi epistemologi sekuler dalam sistem keilmuan modern, serta menganalisis tantangan dan peluang penerapannya berdasarkan pemikiran dua tokoh utama: Ismail Raji al-Faruqi dan Syed Muhammad Naquib al-Attas. Islamisasi ilmu dalam pandangan kedua tokoh ini bukan sekadar upaya menggabungkan ilmu agama dan ilmu umum, tetapi merupakan proses rekonstruksi paradigma keilmuan yang berlandaskan pada tauhid, wahyu, akal, dan pengalaman sebagai sumber pengetahuan yang saling melengkapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research) terhadap karya-karya utama Al-Faruqi dan Al-Attas, serta literatur pendukung dari para pemikir Muslim kontemporer lainnya seperti Fazlur Rahman, Mohammed Arkoun, dan Sayyid Abul A’la Maududi. Analisis dilakukan terhadap argumen-argumen epistemologis, prinsip dasar Islamisasi ilmu, serta kondisi sosial-intelektual umat Islam di era modernitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islamisasi ilmu menghadapi tantangan besar, antara lain dominasi positivisme dalam metodologi ilmu, dualisme kurikulum pendidikan Islam, dan lemahnya institusi pendidikan berbasis nilai Islam. Namun, terdapat peluang besar berupa meningkatnya kesadaran akademik terhadap pentingnya integrasi ilmu, tumbuhnya universitas Islam dengan pendekatan integratif, serta pesatnya perkembangan teknologi digital yang mendukung penyebaran gagasan Islamisasi ilmu. Dengan demikian, Islamisasi ilmu merupakan proyek peradaban yang strategis untuk membangun sistem pengetahuan yang holistik, etis, dan spiritual, sebagai alternatif atas fragmentasi ilmu akibat sekularisasi modern.
Kata Kunci: Islamisasi Ilmu, Epistemologi Islam, Sekularisme, Al-Faruqi, Al-Attas, Modernitas.
Downloads
References
Achmad, N., Abdullah, M., & Adnan, M. A. M. (2022). Pemerkasaan Pengajian Al-Qur’an Di Perguruan Tinggi Agama Islam (Ptai) Di Indonesia: Kajian Di Institut Ilmu Al-Qur’an (Iiq) Jakarta: Empowerment of Quranic Studies in Islamic Higher Education Institutions (PTAI) in Indonesia: A Study at the Institute of Quranic Sciences (IIQ) Jakarta. ALBASIRAH JOURNAL, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.22452/basirah.vol12no1.6
Amin, M. S., El-Yunusi, M. Y. M., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Lingkungan Sosial, Rutinitas Membaca Al-Qur’an Dan Prestasi Belajar Pai Terhadap Akhlak Peserta Didik MTs Muhyidin Keputih Surabaya. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 22(03), Article 03. https://doi.org/10.36835/jipi.v24i03.4233
Anggraeni, D. D., Dalilati, F. A., Ridho, Z. M., Bagayoko, O., & Azis, A. (2025). PERSPEKTIF MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DAN EPISTEMOLOGI ILMU DALAM INTEGRASI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MODERN. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 15(5), Article 5. https://doi.org/10.99534/bs67dp15
Aslan, A., & Ningtyas, D. T. (2025). DIALOG IDENTITAS: INTEGRASI TRADISI KEAGAMAAN LOKAL DI TENGAH ARUS BUDAYA GLOBAL. Prosiding Seminar Nasional Indonesia, 3(2), Article 2.
Aziz, A., Nafi, A., Utami, E. Y., Anurogo, D., Kurniawan, M. A., Alwi, R., & Riva’i, F. A. (2023). Manajemen Pendidikan Islam: Filosofi, Konsep Dasar, dan Implementasi Praktis. Pustaka Peradaban.
Bistara, R. (2021). Islamisasi Ilmu Pengetahuan dalam Bingkai Integrasi-Interkoneksi: Menguak Ide Islamisasi Ilmu Ismail Raji Al-Faruqi. Refleksi: Jurnal Kajian Agama Dan Filsafat, 20(2), Article 2. https://doi.org/10.15408/ref.v20i2.20457
Cahyadi, F., Sarwi, Purnamasari, V., Kustiarini, & Azizah, F. N. (2025). Kemanusiaan di Persimpangan Zaman: Spiritualitas, Pendidikan, Ekonomi, dan Teknologi. Cahya Ghani Recovery.
Djollong, A. F., & Akbar, A. (2019). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI ANTAR UMMAT BERAGAMA PESERTA DIDIK UNTUK MEWUJUDKAN KERUKUNAN. Jurnal Al-Ibrah, 8(1), Article 1.
Fahmiyudin, M., Dhohiri, D., Mutaqin, M. Z., & Arifin, M. (2025). SEJARAH SINGKAT PENDIDIKAN ISLAM (TINJAUAN KRITIS). ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.51878/academia.v5i1.4930
Habib, F. (2023). Islamic Finance and Sustainability: The Need to Reframe Notions of Shariah Compliance, Purpose, and Value. In Z. H. Jumat, S. Hafiz Khateeb, & S. Nazim Ali (Eds.), Islamic Finance, FinTech, and the Road to Sustainability: Reframing the Approach in the Post-Pandemic Era (pp. 15–40). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-031-13302-2_2
Handayani, F., & Azahara, D. N. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan Modern: Sebuah Pendekatan Berbasis Islamic Worldview. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 4(01), Article 01. https://doi.org/10.4444/jisma.v4i01.1134
Haryono, C. G. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. CV Jejak (Jejak Publisher).
Khasanah, H., Nurkhasanah, Y., & Riyadi, A. (2016). METODE BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN SHOLAT DHUHA PADA ANAK HIPERAKTIF DI MI NURUL ISLAM NGALIYAN SEMARANG. Jurnal Ilmu Dakwah, 36(1), Article 1. https://doi.org/10.21580/jid.v36.1.1623
Mandasari, S. P., Ramadhani, S., & Irham, M. (2023). Analisis Pemanfaatan Bank Sampah Untuk Meningkatkan Nilai Jual Dan Nilai Tambah Pada Masyarakat Dengan Pendekatan Sircular Economy (3R) Di Kota Medan Ditinjau Dalam Konsep Ekonomi Islam. Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.36987/ebma.v4i1.4558
M.M, A., SE. (2022). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
M.M, D. M. R., S. Pd. (n.d.). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
M.Pd, D. E., Ph.D, A. M., M.Pd, P. D. H. A. P., M.A, D. H. M. A., & M.Pd, D. K. (n.d.). Pendidikan Investasi Manusia. wawasan Ilmu.
MPH, D. dr T. K. (2023). KHITAN: MEMAHAMI KEBENARAN ISLAM MELALUI ILMU KEDOKTERAN MODERN. Uiipress.
M.Si, P. D. H. N. S. (2023). Integrasi Ilmu Mazhab Indonesia: Studi Interdisipliner, Crossdisipliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner. Prenada Media.
M.TPd, A. R., M.Pd, A. M. A., M.Pd, F., M.Pd.I, A. F., M.Pd.I, H. S., M.S.I, N. K., S.Pd.I, H., & M.Pd, M. U. (2021). KONSEP DASAR ILMU PENDIDIKAN ISLAM. EDU PUBLISHER.
Munir, K., Salminawati, & Usiono. (2025). Pendidikan Islam dalam Perspektif World Conferences on Muslim Education: Tela’ah Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1 Februari), Article 1 Februari. https://doi.org/10.58230/27454312.1843
Nasikin, M. (2021). Rekonstruksi Pendidikan Islam Di Era Society 5.0. http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3748
Nuranisa, N., Aprilia, A., Halimah, S. N., & Mandasari, M. (2023). Kepercayaan Masyarakat Adat dan Modernisasi di Kampung Naga Desa Neglasari Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 25(2), Article 2. https://doi.org/10.26623/jdsb.v25i4.8088
Prezita, F., Vania, E., Pratika, E., Astuti, S., Roaini, D., & Ulum, B. (2024). TANTANGAN KAPABILITAS SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENGHADAPI ERA DIGITAL. Jurnal Manejemen, Akuntansi Dan Pendidikan, 297–304. https://doi.org/10.59971/jamapedik.v1i2.66
Sirajudin, & Fitriani, L. U. (2025). Islamisasi Sains di Tengah Arus Modernitas (Integrasi Agama dan Sains). Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Amin, 2(1), Article 1.
Zulkifli, Hanafie, I., Firman, Riadi, A., Fauzi, M. L., Ifendi, M., & Basri. (2022). Konsep Dasar Pengajaran & Pembelajaran Pendidikan Islam. Deepublish.
Copyright (c) 2025 Rizky Firnanda, M. Husnaini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.