POLA INTERAKSI GURU PAI DENGAN SISWA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMA NEGERI 1 BELANG

  • Prasetio Rumondor
  • Ridwan Nur Sineke
Keywords: pola interaksi, guru PAI, hasil belajar

Abstract

Tanpa adanya interaksi dengan siswa guru tidak akan bisa mengetahui apa saja yang dapat membuat siswa semangat sehingga kedekatan antara keduanya haruslah ditingkatkan atau guru berinisiatif untuk terlebih dahulu berinteraksi dengan para siswanya. Karena siswa pasti akan berinteraksi dengan siswa yang seumuran dengannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola interaksi guru PAI dan siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan sosiologis dan pedagogig. Adapun hasil penelitian ini menemukan: Pertama, pola interaksi antara guru dengan siswa adalah pola interaksi tiga arah, pola seperti ini memberikan keleluasaan kepada guru dan murid di dalam kelas. Hal ini dikarenakan tingkat pola interaksi ketika yang digunakan hanya satu arah, maka guru saja yang akan terus berbicara, berbeda dengan menggunakan pola interaksi dua arah dan bahkan tiga arah. Setelah itu nilai yang para siswa dapatkan meningkat. Kedua, proses interaksi guru dan siswa cukup sederhana. Dimana guru melakukan proses senyum, salam, dan sapa. Lalu guru bertanya kepada siswa mengenai pelajaran sebelumnya, sehingga proses pembelajaranpun berjalan sebagaimana mestinya, hal ini dikarenakan guru telah mengetahui mana siswa yang sudah mengerti akan pelajaran kemarin dan mana siswa yang belum mengerti. Proses interaksi tidak hanya berlangsung di dalam kelas, melainkan ada proses interaksi di luar kelas melalui kegiatan tazkir keliling di rumah-rumah para siswa itu sendiri.

 

Without interaction with students, the teacher will not be able to know anything that can make students excited so that the closeness between the two must be increased or the teacher takes the initiative to interact with their students first. Because students will definitely interact with students who are the same age as him. This study aims to determine the interaction patterns of PAI teachers and students in improving learning outcomes. The research method used was qualitative with a sociological and pedagogical approach. The results of this study found: First, the pattern of interaction between teacher and student is a three-way interaction pattern, this pattern provides flexibility to the teacher and students in the class. This is because of the level of interaction patterns when only one direction is used, the teacher will continue to talk, in contrast to using two-way and even three-way interaction patterns. After that the grades that students get an increase. Second, the process of teacher and student interaction is quite simple. Where the teacher processes smile, greetings, and greetings. Then the teacher asks students about the previous lesson, so the learning process runs as it should, this is because the teacher already knows which students have understood the lesson yesterday and which students have not yet understood. The interaction process does not only take place in the classroom, but there is a process of interaction outside the classroom through the Tazkir activities around in the homes of the students themselves.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-03
Abstract viewed = 1034 times
PDF downloaded = 1667 times