PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TERHADAP TINDAKAN BULLYING ANTAR SISWA DI SEKOLAH (Studi Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Kuantan Mudik KecamatanKuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi)

  • Yuni Rahmawati
  • Bustanur Bustanur
  • Alhairi Alhairi
Keywords: Islamic Education, Bullying

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti memiliki tujuan utama yaitu pembentukan kepribadian pada diri siswa yang tercermin dalam tingkah laku dan pola pikirnya dalam kehidupan sehari-hari,. Kenyataannya pada dunia pendidikan diindonesia saat ini tidak sedikit peserta didik yang menghadapi hambatan ketika berkeinginan mengembangkan diri secara optimal  khususnya yang diakibatkan oleh  perilaku kekerasan ataupun bullying. Bullyiung merupakan perilaku agresif secara dominan dan menyebabkan sebuah tekanan. Berdasarkan latar belakang dan fenomena di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti terhadap tindakan bullying antar siswa di sekolah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif kausal, yang dilaksanakan di SMPN 1 Kuantan Mudik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dengan instrument berupa angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan program SPSS for Window Release 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari Pembelajarn pendidikan agama islam dan budi pekerti, pada uji signifikansi ditemukan persamaan bahwa nilai (sig.) 0,03 < dari probabilitas 0,05 sehingga disimpulkan terdapat pengaruh variabel X terhadap Y

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-05
Abstract viewed = 254 times
PDF downloaded = 226 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>