Kebijakan Pelayanan Publik Berbasis Society 5.0 di Kabupaten Kuantan Singingi

  • Desriadi Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Seno Andri Universitas Riau
  • Harapan Tua RFS Universitas Riau
  • Dadang Mashur Universitas Riau
Keywords: Kebijakan, Pelayanan Publik, Society 5.0

Abstract

Pelayanan publik merupakan pelayanan yang terdiri dari barang publik (publik goods) dan jasa publik (public services). Pelayanan publik merupakan tugas negara yang diwakili oleh pemerintah memberikan barang publik dan jasa publik secara gratis. sebagaimana yang diungkapkan oleh Founding Fathers negara Indonesia yang tertuang dalam Undang – Undang Dasar 1945 yang tujuan akhirnya negara adalah Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Untuk mencapai cita – cita mulia ini ada jembatan yang harus dilalui, terdapat pada Alinea keempat pembukaan Undang – Undang Dasar 1945 berbunyi : pertama; Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Kedua; Memajukan kesejahteraan umum. Ketiga; Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Keempat; Ikutserta menciptakan perdamaian dunia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian kualitatif, memiliki enam sumber utama yaitu Dokumentasi, Rekaman arsip, wawancara, Observasi lapangan, Observasi Partisipan dan Perangkat fisik. Serta Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik literature review yaitu metode pengumpulan informasi penelitian dari berbagai buku, jurnal yang relevan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriansyah, Inovasi Pelayanan Publik di Era Pandemi COVID-19, vol. 1, no. 1. 2021. [Online]. Available: https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4461

Ratminto & Atik Septi Winarsih, Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standart Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

dkk Muhammad Fitri Rahmadana, Pelayanan Publik. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020. [Online]. Available: http%3A%2F%2Fwww.dise.in%2Fdownloads%2Fpublications%

Fpublications%25202010-11%2Fflash%2520statistics-2010-11.pdf

Y. Jamaludin, “Model Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.,” J. TAPIs, vol. 12, no. 1, 2016.

W. S. Hadi Prabowo, Dadang Suwanda, Inovasi Pelayanan pada Organisasi Publik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2022. doi: 10.31845/jwk.v26i1.823.

S. S. Hutagalung and D. Hermawan, Membangun Inovasi Pemerintah Daerah. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

M. Budiardjo, Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008.

I. T. Zulkifli, Pemerintah Daerah : Antara Inovasi, Kinerja Organisasi, dan Pelayanan Publik. Sukoharjo Jawa Tengah: Epigraf Komunikata Prima, 2023.

U. Al Faruqi, “Future Service In Industry 5.0.,” J. Sist. Cerdas, vol. 2, no. 1, pp. 67–79, 2019, doi: //doi.org/10.37396/jsc.v2i1.21.

A. Yasa, S. Suswanta, M. Rafi, F. Rahmanto, D. Setiawan, and M. Iqbal Fadhlurrohman, “Penguatan Reformasi Birokrasi Menuju Era Society 5.0 di Indonesia,” Nakhoda J. Ilmu Pemerintah., vol. 20, no. 1, pp. 27–42, 2021, doi: 10.35967/njip.v20i1.139.

M. Fukuyama, “Society 5.0: Aiming For A New Human-Centered Society,” Japan Spotlight, vol. 2, pp. 47–50, 2018, doi: //www/jef.or.jp/journal/.

S. Musnaini; and I. Wijoyo, Hadion; Indrawan, INDUSTRY 4.0 vs SOCIETY 5.0, no. September. Banyumas: CV. Pena Persada, 2020.

D. E. Wasitarini, “Perpustakaan Satu Data,” J. Madika, vol. 5, no. 2, pp. 26–39, 2019.

B. Salgues, Society 5.0 Industry of the Future, Technologies, Methods and Tools. London: ISTE Ltd, 2018.

Mayumi Fukuyama, “Society 5.0: Aiming for a New Human_Centered Society. https://www.jef.or.jp/journal/ Japan spotlight,” 2018.

A. C. Wardhani, “Pembangunan Yang Berpusat Pada Manusia,” J. Pertumbuhan dan Perkemb., vol. 2, no. 3, pp. 47–54, 2009.

D. C. Korten, Pembangunan yang memihak pada Rakyat: Kupasan Tentang Teori dan Metode Pembangunan. Jakarta: LSP, 1984.

M. Tjokrowinoto, Politik Pembangunan: Sebuah Analisis, Konsep, Arah dan Strategi. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1987.

C. O. Jones, An Introduction to the Study of Public Policy. Third Edition. Monterey: Books/Cole Publishing Company, 1984.

A. Kadir, Fenomena Kebijakan Publik dalam Perspektif Administrasi Publik di Indonesia. Dharmasraya: CV. Dharma Persada, 2020.

J. Anderson, Public Policy Making. New York: Holt, Rinehart and Winston, 1979.

R. Eyestone, The Threads of Policy: A Study in Policy Leadership. Indianapolis: Bobbs-Merril, 1971.

T. R. Dye, Understanding Public Policy, Second Edition. Englewood Cliff, N.J: Prentice-Hall, 1975.

J. Pramono, Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik. 2020.

B. Winarno, Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Media Presind, 2008.

Irfan Islamy, Prinsip-prinsip Perumusan Kebijakan Negara. Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

I. F. Meutia, Reformasi Administrasi Publik. Bandar Lampung: AURA, 2017.

Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik Dan Ilmu Sosial Lainnya., Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif : Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Robert K. Yin, Studi Kasus : Desain Dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.

A. Farida, “Studi Pustaka Tentang Perkembangan Teknologi dan Peningkatan Kepatuhan Pajak: Apakah Berbanding Lurus? Moneter https:,” J. Akunt. Dan Keuang., vol. 6, no. 2, pp. 135– 140, 2019, doi: //doi.org/10.31294/moneter.v6i2.6183.

Jhon W. Creswell, Research Design : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

T. Yuniningsih, “Kajian Birokrasi,” Defin. Manaj., p. 371, 2019, [Online]. Available: http://eprints.undip.ac.id/73483/1/BUKU_KAJIAN_BIROKRASI_GABUNGAN.pdf

F. Haswan and H. Nopriandi, “Kombinasi Metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dan Simple Additive Weighting (SAW) Untuk Menentukan Calon Reviewer Internal Universitas Islam Kuantan Singingi,” Build. Informatics, Technol. Sci., vol. 3, no. 3, pp. 432–440, 2021, doi: 10.47065/bits.v3i3.1136.

Published
2024-12-04
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times