http://ejournal.uniks.ac.id/index.php/YUDABBIRU/issue/feedYUDABBIRU JURNAL ADMINISTRASI NEGARA2023-09-26T21:22:57+07:00ALSAR ANDRI, S.Sos., M.Sialsarandri50@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Yudabbiru</span></span></em></strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> merupakan kata yang terdapat dalam Al-Quran, ada beberapa kali kata</span></span><strong><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> Yudabbiru</span></span></em></strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> dinukilkan, salah satunya dalam QS. </span><span style="vertical-align: inherit;">Yunus (10) Ayat 3. Kata</span></span><strong><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> Yudabbiru</span></span></em></strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> merupakan</span><strong><em><span style="vertical-align: inherit;"> penyimpangan</span></em></strong><span style="vertical-align: inherit;"> dari kata </span></span><strong><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> dabbara</span></span></em></strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> (mengatur). </span><span style="vertical-align: inherit;">Namun</span></span><strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> Y </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">udabbiru</span></span></em></strong><em> </em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> diartikan secara luas adalah mengarahkan, mengelola, menjalankan, mengelola, atau mengurusi. </span><span style="vertical-align: inherit;">Arti</span></span><strong><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> Yudabbiru</span></span></em></strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> ini sejalan dengan istilah Administrasi umum yakni tata kelola.</span></span></p> <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Yudabbiru Jurnal Administrasi Negara merupakan jurnal elektronik dan cetak yang telah melalui proses Peer- </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Review. </span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Yudabbiru Jurnal Administrasi Negara dikelola oleh Laboratorium Program Studi Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Islam Kuantan Singingi dan diterbitkan oleh Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat dan Dakwah Islamiyah.</span></span></p>http://ejournal.uniks.ac.id/index.php/YUDABBIRU/article/view/2659STUDI KASUS PELAYANAN PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIFKASIM RIAU TAHUN 20222023-09-26T20:55:21+07:00Fatma Hidayani Putri12070522955@sutudents.uin-suska.ac.idMei Oktaviana12070523147@students.uin-suska.ac.idVella Purnama12070523525@students.uin-suska.ac.id<p>ABSTRAK<br>Peranan pendidikan menjadi sangat penting dalam kehidupan. Pendidikan menjadi kebutuhan bagi selururh manusia, sehingga manusia berusaha mendapatkan pendidikan setinggi mungkin, sebagai bekal untuk bersaing di dunia kerja. Perguruan tinggi memiliki peran penting dalam memberikan mahasiswa ilmu pengetahuan dan keterampilan untuk bisa bersaing di pasar kerja, oleh karenanya kualitas pelayanan di perguruan tinggi harus ditingkatkan agar terciptanya kepuasan mahasiswa yang akan menjadi calon sumber daya manusia yang berkualitas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pendidikan di perguruan tinggi di UIN Suska Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu yaitu dengan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan observasi langsung ketempat penelitian,wawancara dan buku-buku literature serta sumber bacaan yang sesuai dengan penelitian yang kami lakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan mahasiswa sebagai konsumen utama di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska Riau) sudah cukup puas akan pelayanan yang diberikan hanya ada beberapa kendala yang dirasa harus diperbaiki agar mahasiswa merasa nyaman dan puas dengan pelayanan yang diberikan, Kualitas pelayanan yang tinggi yang didukung oleh sarana prasarana yang lengkap, bisa mejadi acuan keberhasilan dari suatu pelayanan pendidikan, hal ini bisa kita lihat pada bukti prestasi, penilaian, lisensi kualitas, serta keberhasilan alumni dalam mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang pembelajarannya, serta hasil penilaian juga dibutuhkan untuk memperoleh pengkuan dari masyarakat.<br><br></p> <p>ABSTRACT<br>The role of education becomes very important in life. Education becomes a necessity for all humans, so humans try to get the highest possible education, as a provision to compete in the world of work. Universities have an important role in providing students with knowledge and skills to be able to compete in the job market, therefore the quality of services in universities must be improved in order to create student satisfaction who will become qualified human resource candidates. This research aims to find out the quality of educational services in universities at UIN Suska Riau. This research uses a qualitative approach, namely with descriptive qualitative with a case study approach. The data collection techniques used in this study are by direct observation to the place of research, interviews and literature books as well as reading sources that are in accordance with the research we do. The results of this study show that students as the main consumers at Sultan Syarif Kasim State Islamic University (UIN Suska Riau) are quite satisfied with the services provided, there are only a few obstacles that they feel must be improved so that students feel comfortable and satisfied with the services provided, High quality of service supported by complete infrastructure facilities, can be a reference for the success of an educational service, we can see in the evidence of achievement, assessment, quality licensing, and success of alumni in getting jobs that are in accordance with their field of learning, and assessment results are also needed to obtain recognition from the community.<br><br></p>2023-06-26T02:50:14+07:00Copyright (c) 2023 YUDABBIRU JURNAL ADMINISTRASI NEGARAhttp://ejournal.uniks.ac.id/index.php/YUDABBIRU/article/view/2672ETIKA ASN DALAM PENCEGAHAN KORUPSI TERHADAP PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN NEGARA2023-09-26T20:55:21+07:00Siti Nurafifahstnurafifah26@gmail.comAlviana Dewiaisahendikuansing@gmail.comCindy Dwi Meisyahcindydwimeisyah12@gmail.com<p><em>N</em><em>egara dalam mencapai suatu </em><em>t</em><em>ata penyelenggaraan pemerintahan yang baik diharuskan memiliki kewajiban sesuai dengan etika yang lebih besar terhadap perilaku individu</em> <em>setiap ASN</em><em>,</em><em> serta memiliki kewajiban bertindak karakter yang baik berbangsa dan berprinsip yang berkebajikan moral serta juga dengan prinsip-prinsip etika yang didasarkan pada keadilan</em><em>. </em><em>Etika sebagai elemen penting dalam menentukan keberhasilan pelaksanaan kegiatan pelaku para ASN</em><em>,</em><em> pentingnya etika dalam penyelenggaraan pemerintahan negara didasarkan pada permasalahan etika yang terjadi seperti halnya korupsi</em><em>. P</em><em>enelitian ini bertujuan untuk memberikan peran etika para ASN dalam pencegahan korupsi terhadap penyelenggaraan pemerintahan negara</em><em>. M</em><em>etode yang dipakai dalam pembahasan ini yaitu metode yang berdasarkan kepada literatur</em><em>e</em><em> review (studi pustaka). Hasil dari pembahasan ini menunjukkan bahwa etika merupakan peran penting bagi ASN dalam pencegahan korupsi terhadap penyelenggaraan pemerintahan negara. Dengan perubahan masing-masing ASN terhadap suatu etika dalam menyelenggarakan nilai-nilai etika dan moral kode etik dan peraturan perundang-undangan akan mengarahkan para ASN ke arah yang lebih baik sehingga proses pencegahan dalam korupsi itu dapat terjadi dengan lebih optimal</em><em>.</em></p>2023-06-26T03:09:02+07:00Copyright (c) 2023 YUDABBIRU JURNAL ADMINISTRASI NEGARAhttp://ejournal.uniks.ac.id/index.php/YUDABBIRU/article/view/2693STRATEGI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MASYARAKAT2023-09-26T20:55:21+07:00Fadian Putryfadian.putry2892@gmail.comNurma Yeni12070527379@students.uin-suska.ac.idReza Kusuma Wardani12070526573@students.uin-suska.ac.id<p><em>Various kinds of problems in the implementation of public services cannot be avoided, in the eyes of the public, the government is still considered unable to provide good public services so that they feel dissatisfied with the services they receive. For this reason, it is necessary to refresh the service strategy so that government services become better, especially in population administration. This study uses a literature study research method with data collection techniques based on a collection of previous studies to answer questions related to Population Administration Service Strategies in Increasing Community Satisfaction. The results of this study indicate that population administration services must continue to develop and improve their competence both physically (infrastructure) and non-physically (employee performance) in order to achieve the goal of good service to the community. So, a strategy is needed to achieve the implementation of these services, guided by 6 dimensions of achieving optimal quality of public services including; Reability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Tangibles and Access.</em></p>2023-06-26T02:39:36+07:00Copyright (c) 2023 YUDABBIRU JURNAL ADMINISTRASI NEGARAhttp://ejournal.uniks.ac.id/index.php/YUDABBIRU/article/view/3298MONITORING PELAKSANAAN TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN OLEH BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PROVINSI RIAU (STUDI TUJUAN PERTAMA KEMISKINAN DI KOTA PEKANBARU)2023-09-26T21:22:57+07:00Ghina Soniaghinasonia@student.uir.ac.idEko Handrianekohandrian@soc.uir.ac.id<p><em>Monitoring the implementation of the sustainable development goals is observing the progress of achieving the sustainable development goals from time to time to measure the progress of achieving the targets. The purpose of this study aims to identify and explain the monitoring of the implementation of sustainable development goals by the Regional Development Planning Agency for Research and Development of Riau Province (Study of First Poverty Goals in Pekanbaru City). This research was conducted at the development planning agency in the Riau province research and development area. This type of research uses qualitative research methods with data collection techniques, namely interviews, observation, and documentation. The data analysis technique in this study is by means of descriptive analysis and using the triangulation method. The factors that hinder monitoring the implementation of sustainable development goals (the first objective study of poverty in Pekanbaru City) are human resources, budget, time resources, unavailability of adequate reports, coordination and cooperation between agencies. Based on the results of this study, monitoring of the implementation of sustainable development goals by the regional development planning agency for research and development in Riau province (the first objective study of poverty in Pekanbaru City) has been carried out but has not been optimal, this is related to the timeliness of monitoring implementation and limited resources in conducting monitoring. Advice that can be given is by utilizing technology-based use to make it more effective and efficient.</em></p>2023-09-26T19:59:01+07:00Copyright (c) 2023 YUDABBIRU JURNAL ADMINISTRASI NEGARAhttp://ejournal.uniks.ac.id/index.php/YUDABBIRU/article/view/3303IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH SD NEGERI 076IX MUARO JAMBI2023-09-26T20:55:21+07:00Hengky Setiadisetiadihenky@gmail.com<p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan ciri implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah, faktor pendukung, dan penghambat serta solusi di SD Negeri 076IX Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini : 1. Ciri implementasi kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah. a. Idealisasi pengaruh artinya menjadi teladan yang baik dan menumbuhkan kebanggaan bagi warga sekolah. b. Motivasi inspirasional artinya dapat membangkitkan semangat, perhatian dan kepercayaan warga sekolahnya. c. Konsiderasi intelektual artinya memberi penghargaan diri bagi guru yang kreatif dan memberi kesempatan warga sekolah untuk menyelesaikan masalahnya. d. Stimulasi intelektual artinya mengikut sertakan guru dan staf dalam pelatihan, dan melakukan supervisi kunjungan kelas. 2. Faktor pendukung yaitu kemampuan guru dan staf dalam melaksanakan tugas, orang tua aktif dalam pendidikan anak, supervisi dari pengawas, dan tes kesehatan peserta didik oleh puskesmas secara berkala. 3. Faktor penghambat dan solusi artinya kurang disiplinya orang tua mengantar dan menjemput siswa, dan terdapat beberapa guru yang terlambat saat datang ke sekolah.</p> <p><strong>Kata</strong> <strong>Kunci :</strong> <strong>Kepemimpinan, Transformasional, Kepala Sekolah.</strong></p>2023-09-26T20:43:26+07:00Copyright (c) 2023 YUDABBIRU JURNAL ADMINISTRASI NEGARA