STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI BERBASIS KOMODITI LOKAL DI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Haris Susanto UNIKS

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis sejauh mana sapi lokal dapat menjadi basis perekonomian serta merumuskan strategi pengembangan ekonomi lokal berbasis peternakan sapi lokal di Kabupaten Kuantan Singingi. Metode yang digunakan dalam kajian Strategi Pengembangan Ekonomi Berbasis Komoditas Lokal yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun analisis yang digunakan yaitu Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kapasitas peningkatan ternak sapi kuantan masih besar, dimana ketersedian sumberdaya pakan berasal dari kontribusi padang pengembalaan, padang rumput, lahan marginal, lahan pertanian (sawah, kebun karet dan sawit) dan dari limbah pertaniaan (limbah sawit). Kapasitas tampung sangat dipengaruhi oleh luas kebun sawit, luas panen dan populasi ternak sapi kuantan. Nilai total Kapasitas penambahan populasi ternak ruminansia adalah 360.158,08  ST. Keadaan ini menunjukan bahwa Kabupaten Kuantan Singingi masih dapat menyediakan pakan ternak berupa rumput dan daun pelepah sawit untuk makanan ternak sapi. Alternatif strategi yang dapat dirumuskan yaitu dengan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan peternak dengan mengoptimalkan ketersediaan sumberdaya yang ada. Meningkatkan kerjasama dengan pihak investor dan pemerintah guna memanfaatkan peluang penambahan modal dan jaringan komunikasi dan pemasaran untuk pemenuhan permintaan pasar. Meningkatkan pemanfaatan luasan lahan yang dimiliki untuk mengoptimalkan daya dukung terhadap keberlangsungan dan kemajuan usaha peternakan sapi kuantan. Hal tersebut dapat ditempuh dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut: a) meningkatkan teknik budidaya, pemeliharaan dan pengelolaan usaha, b) menyusun regulasi pemasaran ternak, c) mengoptimalkan sarana dan prasarana pendukung peternakan, d) meningkatkan kualitas input dan output produksi melalui pemanfaatan teknologi, e) memfasilitasi kemudahan permodalan dan investasi usaha dan f) meningkatkan pengembangan pemasaran domestik.

 Kata kunci: SWOT, Sapi Lokal, ekonomi

Published
2020-11-03