FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNA LAYANAN INSTANSI PENYELENGGARA PELATIHAN TERHADAP TINGKAT INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kepuasan peserta terhadap penyelenggaraan pelatihan, Penilaian peserta terhadap Widyaiswara atau narasumber dan Nilai tes komprehensif peserta pelatihan berpengaruh terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat atau Pengguna Jasa Pelatihan BBPP Binuang Kalimantan Selatan. Hal ini dikarenakan sebagai instansi pemerintah harus menjalankan pelayanan publik dan pelayanan prima. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara purposive dan metode penentuan sampel adalah purposive sampling. Metode analisis data ”ordinary least square” (OLS) dengan alat bantu SPSS versi 24.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepuasan peserta terhadap penyelenggaraan pelatihan, Penilaian peserta terhadap Widyaiswara atau narasumber dan Nilai tes komprehensif peserta pelatihan berpengaruh terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi (R square) yang diperoleh dari model regresi sebesar 72,6%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa variabel bebas Kepuasan peserta terhadap penyelenggaraan pelatihan, Penilaian peserta terhadap Widyaiswara atau Narasumber dan Nilai tes komprehensif peserta pelatihan mampu menjelaskan variabel Indeks Kepuasan Masyarakat atau Pengguna Jasa Pelatihan sedangkan sisanya sebesar 27,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam model. Sedangkan secara parsial Kepuasan peserta terhadap penyelenggaraan pelatihan dan Nilai tes komprehensif peserta pelatihan berpengaruh nyata terhadap nilai Indeks Kepuasan Masyarakat atau Pengguna Jasa Pelatihan BBPP Binuang Kalimantan Selatan
Kata kunci : pelatihan, penilaian, indeks kepuasan masyarakat