MEMBENTUK KARAKTER KEPEMIMPINAN PADA PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN DEEP LEARNING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pembentukan karakter kepemimpinan pada peserta didik melalui pendekatan pembelajaran mendalam (deep learning). Adapun metode yang digunakannya dalam penelitian ini adalah metode studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif, sedangkan untuk instrumen penelitiannya dilakukan dengan observasi dan dokumentasi serta proses analisa data yang dilakukan secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai kepemimpinan yang terdapat dalam penelitian ini, meliputi sikap dan perilaku inovatif, kreatif, keadilan, kebijaksanaan, kesederhanaan, mengutamakan musyawarah mufakat dan kejujuran. Selain itu, nilai-nilai tersebut dapat merujuk pada nilai-nilai yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berupa sifat dan perilaku siddiq (jujur), amanah (dapat dipercaya), tabligh (menyampaikan) dan fathonah (cerdas). Adapun bentuk dari pembelajaran mendalam (deep learning) dapat dipraktikkan dengan pendekatan substantif dan reflektif. Selain itu, proses tersebut hendaknya disinergikan dengan peran dan fungsi lembaga pendidikan Islam, yaitu keluarga, madrasah dan masyarakat.