EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA MEMAHAMI KONSEP EKONOMI POKOK BAHASAN KETANAGAKERJAAN

  • Siti Yamah MAN 1 Pangandaran
Keywords: Efektifitas, Pembelajaran, Kooperatif, STAD

Abstract

Kesulitan siswa dalam memahami pembelajaran Ekonomi materi ketenagakerjaan adalah masalah pembelajaran yang mesti dicarikan solusinya. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah bagian dari obat/solusi mengatasi kesulitan siswa dalam memahami konsep tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Masing-masing siklus tediri dari empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan dan mengevaluasi hasil tindakan (observing) dan melakukan refleksi (reflecting) sampai perbaikan dan peningkatan yang diharapkan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IIS 2 di MAN 1 Pangandaran dengan jumlah peserta didik 30 orang. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat mengatasi kesulitan pemahaman siswa yang dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan 10% dibandingkan dengan pra-tindakan. Hasil belajar pada siklus I pertemuan ke 2 meningkat sebesar 30% menjadi 70% pada siklus II pertemuan ke 1. Demikian pula, hasil belajar pada siklus II pertemuan ke 1 meningkat sebesar 20% menjadi 90 % pada akhir siklus II pertemuan ke 2.

Published
2021-01-15