Minat Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Studi Peradaban Islam

  • Rena wati Renawati UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Aninditya Sri Nugraheni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Minat, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana minat mahasiswa dalam pembelajaran daring serta faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran pada mata kuliah studi peradaban islam di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Minat merupakan suatu yang sangat berarti untuk seorang dalam melakukan sesuatu kegiatan. Dengan minat orang akan berusaha mencapai tujuannya. Oleh sebab itu minat dikatakan sebagai salah satu aspek psikis manusia yang bisa menjadi penguat dalam menggapai suatu tujuan. Adapun Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Hasil dari peneletian ini menunjukkan bahwa minat mahasiswa pada studi peradaban islam melaluiĀ  pembelajaran daring kurang efektif, disebabkan oleh kendalanya jaringan internet yang kurang bagus didaerah tempat tinggal mahasiswa seperti yang ada di luar kota, dengan keterbatasan signal membuat mereka tidak efektif dalam mengikuti pembelajaran daring. Apalagi dengan menggunakan zoom meeting mahasiswa yang berada di pelosok sangat terkendala, sehingga ketika perkuliahan berlangsung yang dilaksanakan khususnya pada studi peradaban islam menjadi kurang peminatnya meskipun dengan menggunakan whatsapp group.

Published
2021-08-18