Tantangan Kepemimpinan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0

  • ahmadi ahmadi STIT Darussalamah
Keywords: Tantangan, Kepemimpinan Pendidikan, Era Revolusi Industri 4.0

Abstract

Era revolusi dibagi atas empat tahapan yaitu era revolusi 1.0 yang mana pekerjaan manusia dibantu oleh tenaga kuda, tenaga uap, tenaga angin, dan tenaga air. Selanjutnya, era revolusi 2.0 perusahaan adalah penggerak utama untuk merubah yang manual menjadi mekanik. Tahapan revolusi 3.0 dunia sudah dikuasai oleh teknologi digital, hingga berlanjut ke tahapan revolusi 4.0 yang mana peradaban manusia sudah dikuasai oleh dunia virtual atau yang lebih dikenal dengan internet of things. Industri 4.0 adalah integrasi dari Cyber Physical System (CPS) dan Internet of Things and Services (IoT dan IoS) ke dalam prosesĀ  industri meliputi manufaktur dan logistik serta proses lainnya. Menjadi pemimpin pendidikan di era revolusi 4.0 tentunya menjadi tantangan tersendiri. Ketidaksiapan mengahadapi perubahan zaman akan berpengaruh terhadap kelangsungan pendidikan. Sebuah lembaga pendidikan perlu adanya seorang pemimpin yang siap menghadapi tantangan di era sekarang untuk menahan tekanan-tekanan terhadap personilnya. Ada enam tantangan yang harus dihadapi pemimpin pendidikan di era revolusi industri 4.0, yaitu: (1) Penguasaan teknologi digital, (2) Menciptakan inovasi baru, (3) Meningkatkan kualifikasi, (4) Program sertifikasi, (5) Peningkatan kompetensi, dan (6) Pengembangan karir. Pemimpin pendidikan harus mampu menghadapi tantangan-tantangan tersebut.

Published
2021-08-18