Pelaksanaan Program Tahfidz Qur'an dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Religius Siswa di SMAN 1 Teluk Kuantan
Abstract
Program tahfidz Qur’an yang dilakukan SMAN 1 Teluk Kuatan berguna untuk menjawab Petingnya nilai religius pada diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program tahfidz Qur’an di SMAN 1 Teluk Kuantan dengan metode penelitian dengan teknik pengumpulan data adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya adalah observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi, teknik analisa data menggunakan triangulasi data, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitan Pelaksanaan program tahfidz Qur’an di SMAN 1 Teluk Kuantan di bina oleh guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, dalam pelaksanaannya di awali dengan proses seleksi calon siswa yang mengikuti program tahfidz Qur’an tersebut. Yaitu: 1) Mampu Mengosongkan Benaknya dari Pikiran-Pikiran dan Teori-Teori, atau Permasalahan-Permasalahan yang Sekiranya akan Mengganggunya, 2) Niat yang Ikhlas, 3) Memiliki Keteguhan dan Kesabaran, 4) Istiqamah, 5) Menjauhkan Diri Dari Maksiat Dan Sifat-Sifat Tercela, 6)
Izin Orang Tua atau Wali 7) Mampu Membaca Dengan Baik. Menggunakan pendekatan operasional dan pendekatan intuitif, metode yang digunakan adalah wahdah (diulang-ulang), metode kitabah (menulis), metode sima’i (mendengar), metode gabungan (wahdah dan kitabah), dan metode jama’. Adapun Sarana penunjang untuk menghafal Al-Qur’an yaitu bergaul dengan orang yang sedang atau sudah hafal AlQur’an, selalu membacanya dalam shalat, mendengarkan bacaan hafidz Al-Qur’an, mengulang hafalan dengan orang lain dan ikut musabaqoh hifdzul Qur’an.