Problematika Pendidik Dalam Penyampaian Materi Terhadap Pemahaman Siswa Diruang Lingkup SKI

  • Siti Norhasanah IAIN Palangkaraya
Keywords: problematika pendidik; pemahaman siswa; ruang lingkup SKI

Abstract

Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam diamdrasah sudah dipelajari dari jenjang pendidikan dasar (menceritakan singkat) menengah (memahami Sejarah Nabi Muhammad SAW (periode Mekkah dan Madinah), Peradaban Islam Masa Khulafaurrasyidin, Perkembangan Masyarakat Islam pada Masa Dinasti (Umayyah, Abbasiyah, Al-Ayyubiyah dan Perkembangan Masyarakat Islam di Indonesia) dijenjang Aliyah (Dakwah Nabi Muhammad SAW (periode Mekkah dan Madinah), Kepemimpinan Umat setelah Wafat Rasulullah SAW, Perkembangan Islam periode Klasik/ Masa keemasan (650 M- 1250 M), Perkembangan Islam  Masa pertengahan/ Kemunduran (1250 M-1800M), Perkembangan Islam Modern/ Masa kebangkitan (1800 M-Sekarang) dan Perkembangan Islam di Indonesia dan di Dunia) hingga di perguruan tinggi(pembelajaran SKI di madrasah/ di sekolah, metode, strategi, media dan bahan ajar dalam menyampaikan materi pembelajaran SKI) pembelajaran SKI di perguruan tinggi tidak lagi membahas mengenai isi materi malainkan mengenai bagaimana pembelajaran SKI menjadi lebih menarik dan interaktif karena mahasiswa sebagai calon guru yang akan menjadi penyalur ilmu pengetahuan bagi siswa di sekolah maupun di madrasah. Problematika dalam pembelajaran baik berupa kondisi, sarana dan prasarana, media, lingkungan dan lainnya perlu dipertimbangkan untuk pemecahan masalahnya ataupun jalan tengah dari hal tersebut. Sebagai seorang pendidik yang profesional tentunya pendidik dituntut agar bisa menyesuaikan diri dengan ide kreatif, kemampuan dan kelebihan yang dimiliki untuk menyelesaikan permasalahan.

The study of Islamic Cultural History has been learned from the basic (brief) secondary education level (understanding the History of the Prophet Muhammad PBUH (Mecca and Medina periods), Islamic Civilization during the Khulafaurrasyidin Period, the Development of Islamic Society during the Dynastic Period (Umayyad, Abbasid, Al-Ayyubiyah and the Development of Islamic Society in Indonesia) at the Aliyah level (Da'wah of the Prophet Muhammad PBUH (Mecca and Medina periods), the Leadership of the Ummah after the Death of the Prophet PBUH,  The development of Islam in the Classical period/ Golden Age (650 A.D. - 1250 A.D.), the Development of Islam in the Middle Ages/ Decline (1250 A.D. - 1800 A.D.), the Development of Modern Islam / the Revival Period (1800 A.D. - Present) and the Development of Islam in Indonesia and in the World) to higher education (SKI learning in madrasas / in schools, methods, strategies, media and teaching materials in delivering SKI learning materials) SKI learning in universities no longer discusses the content of the material but how to SKI learning becomes more interesting and interactive because students are prospective teachers who will be the distributors of knowledge for students at school and in madrasas. Problems in learning in the form of conditions, facilities and infrastructure, media, environment and others need to be considered for solving the problem or a middle way out of it. As a professional educator, of course, educators are required to be able to adapt to creative ideas, abilities and advantages they have to solve problems.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aslan, Aslan. "Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah." Cross-border 1.1 (2018): 76-94.

Azizah dan Rahmi. (2019).Persepsi mahapeserta didik tentang peranan mata kuliahmicroteaching terhadap kesiapan mengajar pada mahapeserta didik Pendidikan EkonomiUNP.Journal Ecogen, 2(2)

BAB, V. Naluri manusia untuk selalu hidup dengan orang lain disebut. Sosiologi Umum, 2015, 115.

Cartono, Cartono, Ida Yayu Nurul Hizqiyah, and Fitri Aryanti. "Pengembangan Softskill Mahasiswa Calon Guru Melalui Pemberdayaan Unit Kegiatan Mahasiswa Di Universitas Pasundan." Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2.1 (2018).

Chairiyah, Yayah. "Sejarah Perkembangan Sistem Pendidikan Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam." MA'ALIM: Jurnal Pendidikan Islam 2.01 (2021): 49-60.

DI MADRASAH TSANAWIYAH, Y. P. Problematika Pembelajaran SKI Di Madrasah Tsanawiyah YAPI Pakem. Jurnal Penelitian Keislaman, (2020). 16(1), 76-86.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Fachrudin, Yudhi. "Analisis Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam." Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam 6.1 (2023): 51-61.

Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 1996) 160

Hasmar, Abdul Haris. "Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah." Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 10.1 (2020): 15-33.

Husaini Hasan, Hafidz, H. N. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Media E-Learning dalam Pembelajaran Fiqih Kelas VIII di SMP IT Nur Hidayah Surakarta. Attractive : Innovative Education Journal, 4(1), 1–12.

Lena, Mai Sri, et al. "Persepsi Mahasiswa PGSD UNP Mengenai Manfaat Microteaching Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Aspek Pedagogik Dan Kepribadian." Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan 1.3 (2023): 75-87.

Maizah, Maizah, and Rinta Ratnawati. "Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana Sebagai Penunjang Efektivitas Pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pamekasan." Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT) 7.1 (2024): 49-59.

Maizah, S., Abidin, Z., & Inayati, M. (2023). Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kredibilitas Tenaga Pendidik Melalui Pendekatan Directiv, Non Directiv dan Kolaboratif. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 2(1), 134–140.

Mansyuriadi, M. Irwan. "Peran Internet terhadap Pemahaman Siswa pada Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)." EDISI 3.3 (2021): 392-403.

Nikita Nur Zulaecha, Hafidz, Biela Nanda Oktivibi Pertiwi, H. N. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Dakwah Digital dalam Penyiaraan Agama Kalangan Kaum Milenial di Instagram (Ustadz Hanan Attaki). Attractive : Innovative Education Journal, 4(1), 1–12.

Nur Mujahiddah, A. (2022). Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Unggulan Mafazah Bogor. Al-Munadzomah, 1(2), 81–90. https://doi.org/10.51192/almunadzomah.v1i2.318

Sadiyono, B., & Sri, S. (2014). Pendekatan Contextual Teaching And Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Bidang Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 67-74.

Sugihartono, dkk., Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press,2007.

William. (2013). Tiga tahun dari sekarang. Jakarta: Feliz Books.

WJS. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Balai Pustaka, 1990) 618

Yasin, Ilyas. "Guru Profesional, Mutu Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran." Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) 3.1 (2022): 61-66.

Yulianto, D., & Nugraheni, A. S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33–42.

ZED, Mestika. Tentang konsep berfikir sejarah. Lensa Budaya: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Budaya, 2018, 13.1.

Published
2025-01-02
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times