Peran OrangTua Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Remaja

pendidikan karakter anak usia remaja

  • Anna Fadhla Muslem Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe
Keywords: peran orangtua, pendidikan karakter, anak usia remaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengidentifikasi peran orang tua dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak usia remaja di Desa Cot Tufah, Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi peran orang tua dalam pembinaan karakter remaja dan Menjelaskan implikasi peran orang tua terhadap pembinaan karakter remaja. Penelitian bersifat kualitatif yang melibatkan 10 orang tua sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua memainkan peran penting dalam menanamkan nilai-nilai karakter seperti kesadaran agama, tanggung jawab, dan disiplin. Faktor-faktor yang mempengaruhi peran orang tua adalah kesadaran agama, pendidikan, dan lingkungan keluarga. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya peran orang tua dalam membentuk karakter anak remaja dan mengembangkan strategi efektif untuk meningkatkan kesadaran agama dan karakter anak.

 

Kata Kunci: Peran Orang Tua, Pendidikan Karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, John W., William E. Hanson, Vicki L. Clark Plano, and Alejandro Morales. “Qualitative Research Designs: Selection and Implementation.” The Counseling Psychologist 35, no. 2 (2007): 236–64. https://doi.org/10.1177/0011000006287390.
Dacholfany, M Ihsan. “REFORMASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI: Sebuah Tantangan Dan Harapan,” n.d.
Farzana Bibi, Farzana Bibi. “Contribution of Parenting Style in Life Domain of Children.” IOSR Journal of Humanities and Social Science 12, no. 2 (2013): 91–95. https://doi.org/10.9790/0837-1229195.
Harsono, and Sri Hastuti. “Bagaimana Pendidikan Karakter Diselenggarakan Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 27, no. 1 (2017): 1–10.
Lickona, Thomas. “What Is Effective Character Education?” Paper Presented at The Stony Brook School Symoposium on Character, no. 1985 (2001): 1–12. https://wicharacter.org/wp-content/uploads/What-is-Effective-Character-Ed-Stonybrook-debate-by-Thomas-Lickona.pdf.
Nur Utami, Adristinindya Citra, and Santoso Tri Raharjo. “Pola Asuh Orang Tua Dan Kenakalan Remaja.” Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial 4, no. 1 (2021): 1. https://doi.org/10.24198/focus.v4i1.22831.
Pergaulan Bebas, Dengan. “Peran Orang Tua Dalam Pembinaan Akhlak Remaja Usia 13-18 Tahun Dan Hubungannya,” 2015.
Sholekah, Friska Fitriani. “Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013.” Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (2020): 1–6. https://doi.org/10.53515/cji.2020.1.1.1-6.
Soekanto, Soerjono. “Penelitian Hukum Dan Pendidikan Hukum.” Jurnal Hukum & Pembangunan 6, no. 6 (1976): 429. https://doi.org/10.21143/jhp.vol6.no6.716.
Published
2025-01-03
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times