Pola Komunikasi Orang Tua Dalam Mewujudkan Karakter Anak Kajian Terhadap Warisan Luqmanul Hakim

  • Hendrita Hendrita Guru MTs Baitur Raman Teluk Kuantan
  • Ayu Sumbari Universitas Islam negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: Komunikasi Orang tua, Karakter Anak, Lukmanul Hakim

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengungkap secara detail pola komunikasi antara orang tua dengan anaknya yang di laksanakan oleh Lukmunul hakim, gunakan di jadikan sebagai acuan dalam melaksanakan pola komunikasi antara orang tua dengan anaknya dalam upaya membentuk karakter yang Islami. Kajian ini di laksanakan dalam bentuk kualitatif dengan tipe library Research yakni mengumpulkan berbagai macam data dan informasi terkait dengan pola komunikasi yang di laksanakan oleh Lukmanul hakim kepada anak-anaknya dari berbagai referensi baik berupa tafsir ayat  al-Quran, artikel Ilmiah, buku-buku yang membahasa terkait dengan pola komunikasi antara orang tua dan anak. Hasil kajian ini mengungkapkan bahwa ada tiga pola komunikasi yang dilaksanakan oleh lukmanul hakim kepada anaknya antara lain, memanggil anaknya dengan seruan yang menyejukkan, menggunakan negasi jangan yang di sertai dengan alasan, Menyampaikan nasihat dengan santun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, N. (2023). Permasalahan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Implementasi Surat Luqman Ayat 13-19 Sebagai Upaya Menghilangkan Budaya Fatherless. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1-8.
Badan Pusat Statistik. (2022). Jumlah perceraian dan Factor Menurut Provinsi. Diakses Pada Senin, 16 September 2024.
Burhanuddin, H., & Thohiroh, M. (2021). Pola asuh orang tua pada anak broken home (studi di kecamatan dander kabupaten bojonegoro). Journal of psychology and child development, 1(2), 41-53.
El Hakim, M., & Syahputra, D. (2022). Metode Dakwah orang tua pada anak di dalam al-qur’an. Jurnal komunikasi dan penyiaran islam, 3(2), 1-12.
Fauzi, R. (2020). Komunikasi Interpersonal Anak Broken Home Pasca Perceraian Orang Tua (Studi Fenomenologi Di Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan). Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 2(1), 15-38.
Hayati, R., & Adulama, D. O. (2018). Fenomena Yang Terjadi Pada Pasangan Suami Istri Dalam Ketahanan Keluarga. Al-Wardah: Jurnal Kajian Perempuan, Gender Dan Agama, 16(1), 33-51.
Khoiroh, T., Arisanti, K., & Maulidi, K. (2022). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Perilaku Sosial Anak Di Desa Liprak Kidul Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(2), 86-90.
Kurniawan. (2020). Children’s Response To The Utterances Of Thei Parents Negation: Communities In Kartasura. Journal Of Linguistics, Literature And Language Teaching, 4(1), 92-100.
Manik, N., Damanik, M., Ramadhanti, N., & Az-Zahra, T. (2021). Ayat-Ayat Yang Berkaitan Dengan Pendidikan Islam Dalam Surah Luqman Ayat 17-19 Kajian Tafsir Al-Misbah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(1), 173-179.
Masrury, F. (2021). Konsep parenting dalam perspektif al-qur’an (analisis surah luqman ayat 13-19). Minhaj: jurnal ilmu syariah, 2(2), 205-224.
Mas’udah, I. (2021). Stilika Al-qur’an : gaya bahasa ungkapan nasihat dalam surat luqman ayat 12-19. Journal of islamic studies and islamic communication, 1(2), 117-134.
Muji, M. (2021). Peran ibu pada pola pendidikan anak dalam keluarga (telaah QS. Al-baqarah : 233, Luqman : 14, & al-ahqaf :15). Ta’diban: journal of islamic education, 2(1), 1-12.
Muthmainnah, S. (2019). Diksi dalam pola asuh anak yang islami. Jurnal auladuna, 1(2), 1-17.
Muttaqin, I., & Sulistyo, B. (2019). Analisis Faktor Penyebab Dan Dampak Keluarga Broken Home. Jurnal Studi Gender Dan Anak, 6(2), 245-256.
Nur’Ala, I., Hamidah, T., & Setiyono, T. (2022). Pola Pengasuhan Anak Usia Dasar Pasca Peceraian Dalam Perspektif Islam. Al-Asasiyya: Journal Of Basic Education, 7(1), 1-10.
Oktavianie, E., & Aggasi, A. (2023). Representasi Problematik Anak Akibat Broken Home Dalam Film Susah Sinyal. Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(3), 18-29.
Pratiwi, Y. (2021). Realisasi surah luqman dalam pembentukan akhlakul karimah pada anak usia dasar. Linmas pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, 2(1), 40-51.
Rahim, A. (2018). Pendidikan Islam Dalam Surah Luqman. Jurnal Ilmiah Al-Qalam, 12(1), 51-74.
Rahmatika & Mustakim, N. (2022). Pendidikan agama dalam al-qur’an surat luqman ayat 12-19 menurut tafsir al-misbah dan tafsir fi zhilalil qur’an. Jurnal pendidikan dan pengajaran, 1(1), 11-28.
Shihab, Q. Tafsir Al-Misbah; Pesan, kesan dan keserasian al-qur’an. Jakarta: lentera Hati.
Siti, R. (2018). Metode Penyampaian Perintah Dan Larangan Bagi Anak Usia Dasar Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dasar, 1(2), 42-57.
Suara Bojonegoro. (2022). Tumbuh Dalam Keluarga Broken Home Siswa Smp Nekat Bunuh Diri. Diakses Pada Senin, 16 September 2024.
Suryatono. (2020). Pelaku Klitih Di Yogyakarta Ternyata Berasal Dari Keluarga Broken Home. Diakses Pada Senin, 16 September 2024.
Veronika, M., & Afdal, A. (2021). Analisis Kepuasan Pernikahan Pada Pasangan Suami Istri Yang Bekerja. Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(1), 81-85.
Yulianti., Rosantika, M. T., & Susanti, M. (2023). Identifikasi Pola Komunikasi Dalam Keluarga Broken Home. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 6508-6516.
Published
2025-01-08
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times