Implementasi Pendekatan Humanistik Pada Materi Pendidikan Agama Islam Melalui Kurikulum Merdeka Di Sdn 027 Tanjungbalam

  • muhammad Ilham Destri Universitas Islam Riau
Keywords: Pendekatan humanistik, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pendekatan humanistik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam melalui Kurikulum Merdeka di SDN 027 Tanjung Balam .Pendekatan humanistik menitikberatkan pada pengembangan potensi individu siswa secara holistik, meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dalam konteks pendidikan agama Islam, pendekatan ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan internalisasi nilai-nilai Islam secara mendalam dan personal. Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas bagi sekolah untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui observasi,wawancara mendalam, dan kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan humanistik dalam pendidikan agama Islam di SDN 027 Tanjung Balam melalui Kurikulum Merdeka berjalan dengan baik dan efektif. Siswa menunjukkan peningkatan dalam pemahaman konsep-konsep agama dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Guru memainkan peran kunci dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, menghargai, dan memperhatikan kebutuhan individual siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan humanistik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam melalui Kurikulum Merdeka dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan relevan bagi siswa. Temuan ini memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih humanistik dan efektif di bidang pendidikan agama Islam. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat menjadi referensi berharga bagi sekolah-sekolah lain yang ingin mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan pendekatan yang berfokus pada kebutuhan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Artika, L., Sukardi, I., & Idawati, I. (2021). Implementasi Teori Belajar Humanistik padaPendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Religius. Muaddib: IslamicEducation Journal, 4(2), 107–115
Herwiana, S., Laili, E. N., & Fajarina, M. (2021). PELATIHAN PEMBELAJARAN DENGANPENDEKATAN TEORI HUMANISTIK DI SDN JABON 2, JOMBANG. JurnalDinamika Pengabdian (JDP), 7(1), 85–93
Hikmah, C., Fadhilah, M., Dermawan, W., & Nasution, S. A. (2024). Perspektif filsafatpendidikan terhadap psikologi pendidikan humanistik. Paradigma: Jurnal Filsafat,Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya, 30(1), 67–76

Muhammad, D. H. (2020). Implementasi Pendidikan Humanisme Religiusitas dalamPendidikan Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Edumaspul: JurnalPendidikan, 4(2), 122–131.
Sartiwi, S. (2023). Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Agama Islam: MemahamiPengalaman Peserta Didik dalam Mengaplikasikan Ajaran Agama dalam KehidupanSehari-hari. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(3), 74–83
Solichin, M. M. (2018). Teori belajar humanistik dan aplikasinya dalam pendidikan agamaislam. Jurnal Islamuna, 5(1), 155–166
Sultani, S., Alfitri, A., & Noorhaidi, N. (2023).
Teori Belajar Humanistik Dan PenerapannyaDalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. ANSIRU PAI: Pengembangan ProfesiGuru Pendidikan Agama Islam, 7(1), 177–193
Warohmah, M. (2023). Kemampuan Pemecahan
Masalah Statistika dengan PendekatanHumanistik dan Kecemasan Belajar. Penerbit P4I.
Published
2025-01-15
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times