Strategi Pembinaan Kesadaran Beragama Warga Binaan Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II/B Teluk Kuantan

  • Andrizal Andrizal Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Helbi Akbar Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Lasmiadi Lasmiadi
Keywords: Strategi, Kesadaran Beragama, Warga Binaan

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh motivasi dan kesadaran beragama, kesadaran ialah ingat akan dirinya untuk melakukan sesuatu berdasarkan dorongan yang ada dari dalam jiwa. Sedangkan agama adalah “teks” atau “kitab suci”  diartikan sebagai tuntunan perasaan yang membawa kepada keyakinan yang dihasilkan dalam tindakan (amaliah) nyata. Kesadaran keagamaan tersebut terjadi oleh adanya konsistensi antara pemahaman terhadap keagamaan sebagai unsur kognitif, perasaan senang sebagai unsur afektif dan perilaku terhadap agama sebagai unsur konatif. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan jumlah sample 10 parsen dari 200 orang, sedangkan teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara dengan mengumulan data primer dan sekunder. Dari hasil penelitian ini bahwa, motivasi dan kesadaran beragama pada diri responden berada pada kategori mendekati baik. Hal tersebut disebabkan adanya pengaruh-pengaruh lain yang berpengaruh terhadap kehidupan warga binaan kelas II/B Teluk Kuantan tersebut. Pengaruh-pengaruh ini yang akan memberikan dampak lebih baik untuk masa depan meraka, khususnya dalam kehidupan keberagamaan. Dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik mereka. Tapi terkadang juga memberikan dampak negatif bagi kehidupan keberagamaan dalam diri warga binaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar,(Jakarta, PT Rineka Cipta, 2011)
Undang – Undang nomor 12 tahun 1995 tentang Pemasyarakatan
Dwidja Priyanto, Sistem Pelaksanaan Pidana Penjara Di Indonesia, Refika Aditama, Bandung, 2006
Pasal 1 Angka 3 UU Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan
Wawancara dengan Ustadz Jabrius Jas (PA Non PNS) 11 Maret 2020 jam 19.10 wib
Baharuddin dan Mulyono, Psikologi Agama dalam Perspektif Islam (Malang: UIN- Malang Press, 2008)
Martin Handoko, Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku (Yogyakarta: Kanisius, 1992),
M. Arifin, Psikologi Dakwah Suatu Pengantar Studi (Jakarta: Bumi Aksara, 2004)
M. Alisuf Sabri, Pengantar Psokologi Umum (Jakarta: Bulan Bintang, 1982),
Hasibuan. M, Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas, (Jakarta : PT Bumi Aksara, 2007),
Iskak Arep dan Hendri Tanjung, Manajemen Motivasi, ( Jakarta : PT Gramedia, 2004),
Hafi Anshari, Dasar – dasar Ilmu Jiwa Agama (Surabaya: Usaha Nasional, 1991
Nico Syukur Dister, Pengalaman dan Motivasi Beragama,
Adi, Satrio, Kamus Ilmiah Populer, Visi 7, 2015,
M. Ali, Hasan, Study Islam Al-Qur’an dan Sunnah, ( jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000),
Harun Natusion, Islam ditinjau dari berbagai Aspeknya, (Jakarta: UI Press, 1979), Ramayulis, Psikologi Agama,(Jakarta:Kalam Mulia,2009),
Jalaludin, Teologi Pendidikan, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003),
Departemen Agama, Mushaf Al-Qur’an Terjemah, (Jakarta: Gema Insani, 2005), QS. Al A’raaf: 172.
Abudin Nata, Metodologi Study Islam, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006),
Jalaludin, Psikologi Agama, (Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada, 2009),
Abdul, Mujib, dkk, Nuansa-nuansa Psilkologi Islam, ( jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2002),
Zakiah Daradjat, Pendidikan Islam dalam keluarga dan Sekolah, (Jakarta: Ruhama,1995),
Djamaluddin Ancok dan Fuad Nashori Suroso, Psikologi Islam ; Solusi Islam akan Problem Psikologi, Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2005
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2011),
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (edisi revisi), (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013
Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial, (Jakarta: Referensi, 2013),
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung: CV. Alfabeta, 2015)
E. Kristi Poerwandari, Pendekatan Kualitaif dalam Penelitian Psikologi, (Jakarta: LPSP3, 1998)
Published
2025-01-16
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times