Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

  • Muhammad Rafli Saipul Universitas Islam Riau
Keywords: : Implementasi, Behavioristik, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis impelementasi teori belajar behavioristik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan mengetahui dampak dari perubahan perilaku yang terjadi dalam pembelajaran dengan menerapkannya teori belajar behavioristik.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian adalah guru pendidikan agama Islam dan peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Rambah Hilir. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang telah diperoleh dilakukan analisis data menggunakan analisis data kualitatif Miles and Huberman yang meliputi tahapan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing/verification (penarikankesimpulan dan verifikasi). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini:1) penerapan pembelajaran pendidikan agama Islam dengan pendekatan teori belajar behavioristik sudah berjalan, diantaranya melalui metode reward, punishment, dan reinforcement. 2) Dampak pembelajaran behavioristik dapat dilihat dari tertanamnya nilai-nilai akhlak yang peserta didik terapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat yang meliputi selalu sopan pada orang tua dan sesama, rajin beribadah, dapat membedakan sikap terpuji dan tercelah, bertoleransi, jujur, tanggungjawab, disiplin, tolong menolong, dan ramah tamah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto, S.(2019). Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 221-229.
Amsari, D. (2018). Implikasi teori belajar E. Thorndike (Behavioristik) dalam pembelajaran matematika. Jurnal Basicedu, 2(2), 52-60.
Desmita.(2009).Psikologiperkembanganpeserta didik. Bandung, Remaja Rosdakarya.
Ismail,R.N.,Mudjiran,M.,&Neviyarni,N. (2019).Membangunkaraktermelalui Implementasi TeoriBelajarbehavioristik pembelajaran matematika berbasis kecakapan abad 21. Menara Ilmu, 13(11).Latipah,E.(2017).Psikologidasar.Bandung:
RemajaRosdaKarya.
Moleong,L.J.(2004).Metodelogipenelitian.
Bandung:RemajaRosdakarya.
Mukinan.(1997).Teoribelajardanpembelajaran.
Yogyakarta:P3G IKIP.
Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. Nusantara: jurnal ilmu pengetahuan sosial, 1(1), 64-74.
Nazar, M. (2013). Metode Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.
Prawiro, P. A. (2014). Psikologi pendidikandalam perspektif baru. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Putrayasa. (2013). Landasan pembelajaran. Bali: Undikhsa Press.
Soesilo, T. D. (2015). Teori dan pendekatan belajar aplikasinya dalam pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
Sugiyono. (2009). Metode penelitian kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Suyadi, S. (2021). Penerapan teori belajar behavioristik Skinner dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 11(2), 177-192.
Suzana, Y., Jayanto, I., & Farm, S. (2021). Teori belajar & pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara.
Zamzami, M. R. (2018). Penerapan reward and punishment dalam teori belajar behaviorisme. TaLimuna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1-20.
Published
2025-01-27
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 1 times