Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pai Dalam Menghadapi Tantangan Era Digital
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menghadapi tantangan era digital di sekolah-sekolah. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi di beberapa sekolah yang telah mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI efektif dalam menanamkan nilai-nilai karakter seperti religiusitas, kejujuran, tanggung jawab, disiplin, dan toleransi. Selain itu, pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran, seperti platform daring dan aplikasi interaktif, membantu meningkatkan keterlibatan siswa. Namun, tantangan yang dihadapi mencakup keterbatasan infrastruktur teknologi, rendahnya literasi digital di kalangan guru dan siswa, serta pengaruh lingkungan luar seperti media sosial. Oleh karena itu, dibutuhkan kolaborasi antara sekolah, pemerintah, dan orang tua untuk mendukung implementasi pendidikan karakter yang lebih optimal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan karakter melalui PAI dapat menjadi kunci untuk membentuk generasi muda yang berakhlak mulia di era digital, asalkan diimbangi dengan penguatan literasi digital dan dukungan infrastruktur yang memadai.
Downloads
References
Indriani, Wiwik, and Firdian Firdian, ‘Tantangan Pendidikan Islam Di Era Milenial’, Anwarul, 1.1 (2021), pp. 89–101, doi:10.58578/anwarul.v1i1.37
Mumpuni, Atikah, Integrasi Nilai Karakter Dalam Buku Pelajaran: Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013 (Deepublish, 2018)
Putri, Titania Amilia, Natasya Audia Safitri, Nelsi Islami, Nor Aida, and Ali Iskandar Zulkarnain, ‘Analisis Nilai Spiritual Dalam Pembentukan Karakter Pada Prinsip Belom Bahadat’, Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1.2 (2024), pp. 1131–43
Qurbi, Abullah, Noviana Diswantika, and Edhitiya Putri, ‘Implementasi Pendidikan Karakter Dan Budi Pekerti Peserta Didik’, Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14.2 (2021), pp. 525–38
Rakhma, Dewina, Alfina Damayanti, and Auliya Ridwan, ‘Social Studies in Education Perubahan Sosial Dan Pendidikan Dalam Peran Guru PAI Di Era Digital’, 02.02 (2024), pp. 123–38
Sagala, Kartika, Lamhot Naibaho, and Djoys Anneke Rantung, ‘Tantangan Pendidikan Karakter Di Era Digital’, Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 6.01 (2024), pp. 1–8, doi:10.53863/kst.v6i01.1006
Salisah, Siti Khopipatu, Astuti Darmiyanti, and Yadi Fahmi Arifudin, ‘Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Era Digital: Tinjauan Literatur’, Jurnal Pendidikan Islam, 10.1 (2024), pp. 36–42
Setiawan, Agus, M. Asriyanto, and Riska Astriyani, ‘Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning Di SMA Islam Bunga Bangsa Samarinda’, Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17.1 (2023), p. 713, doi:10.35931/aq.v17i1.1940
Sonhaji, Anton Pubian, and Diana, ‘Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Era Society 5.0’, Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 22.1 (2021), pp. 80–90
Sundari, Ika, Rizki Hafni Rambe, and Indah Ramadhani Putri, ‘Integrasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran PAI Di Era Digitalisasi Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri’, 5.1 (2024), pp. 65–74
Thoriq Al-Ziyad Hasan, Muhammad, and Akhmad Ramli, ‘Implementasi PAI Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Era Society’, Borneo Journal of Islamic Education, 3.1 (2023), p. 2023
Copyright (c) 2025 Arrijalul Aziz Aziz

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.