KARAKTERISTIK PROGRAM KURIKULUM PONDOK PESANTREN

  • Ari Prayoga Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung; Jalan Soekarno-Hatta - Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat 40292.
  • Irawan Irawan Perkumpulan Sarjana Manajemen Pendidikan Islam (PERSMAPI) Indonesia; Cluster Andalus B 71, Perum Cempaka Arum Cimencrang Bandung Jawa Barat Indonesia
  • Ahmad Rusdiana Kopertais Wilayah II Jawa Barat dan Banten; Jln. A.H. Nasution No.105 Cipadung Kec. Cibiru Kota Bandung Jawa Barat 40614
Keywords: Karakteristik, program kurikulum, pesantren

Abstract

Program kurikulum belum teradministrasi secara rapi dalam bentuk arsip dokumen pesantren. Pedoman administrasi dokumen pesantren masih belum dimiliki oleh pengurus pesantren bidang kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap karakteristik program kurikulum meliputi; tujuan, susunan program, tipologi, implementasi dan evaluasi kurikulum di pondok pesantren salaf Al-Muawanah Cileunyi, Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dengan pimpinan pesantren, ustadz dan santri, obervasi meliputi kegiatan pembelajaran, rapat ustadz bersama kiai dan dokumentasi program kurikulum, proses pembelajaran. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa; pertama, tujuan dari program kurikulum yaitu meningkatkan kemampuan santri dalam keilmuan dan keislaman; kedua, program kurikulum meliputi kegiatan pembelajaran santri, pesantren kilat bersama masyarakat ketiga, proses pembelajaran menggunakan metode bandongan dan arogan; keempat, evaluasi pembelajaran melalui tes tertulis dan lisan; kelima, tipologi pesantren yaitu salafiyah.

Published
2020-06-08