PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORD WALL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG PADA SISWA SMKN 1 TELUK KUANTAN

  • Muhammad Peri Syaprizal Syaprizal SMKN 1 TELUK KUANTAN
  • Dwi Putri Musdansi Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Vocabulary, Word Wall, Classroom Action Research, Japanese

Abstract

Pada pembelajaran bahasa Jepang di SMKN 1 Teluk Kuantan, siswa kesulitan dalam mengingat kosakata di setiap bab yang dipelajari sehingga kurangnya penguasaan kosakata bahasa Jepang. Hal ini dikarenakan, siswa enggan membuka atau membaca kembali catatan daftar kosakata yang telah dipelajari dan juga karena kurangnya variasi metode dan media untuk pengajaran kosakata bahasa Jepang. Untuk itu peneliti bermaksud mengadakan perbaikan pengajaran dengan cara mengganti metode menghafal menjadi media Word Wall dengan tujuan mampu untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa di SMKN 1 Teluk Kuantan dan mengetahui seberapa besar peningkatanya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII TKJ 1 SMKN 1 Teluk Kuantan sebanyak 21 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Rancangan yang digunakan adalah menggunakan model PTK Kemmis & Mc. Taggart  yang dalam setiap siklus  meliputi  langkah-langkah: 1)  perencanaan,  2)  melaksanakan  tindakan, 3) melaksanakan pengamatan, 4) mengadakan refleksi/analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengamatan, catatan lapangan, tes tertulis, dan dokumentasi. Pada akhir siklus I persentase aktivitas guru sebesar 70,00% (Baik), persentase ketuntasan siswa sebesar 61,90% (kurang) dengan rata-rata nilai kelas sebesar 63,67 dan pada akhir siklus II persentase aktivitas guru sebesar 90,00% (sangat baik), persentase ketuntasan siswa sebesar 85,71% (sangat baik) dengan rata-rata nilai kelas sebesar 81.52. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Word Wall dapat meningkatkan kemampuan penguasan kosakata bahasa Jepang pada siswa kelas XII TKJ 1 SMKN 1 Teluk Kuantan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, S. (2017). Problematika Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Itqan: Jurnal Ilmu-ilmu Kependidikan. 8(2), 145-167.

Anindyajati, Y. R., & Choiri, A. S. (2017). The Effectiveness of Using Wordwall Media to increase Science-Based Vocabulary of Students with Hearing Impairment. European Journal of Special Education Research, 2(2), 1–13.

Arni, R., & Suciaty, P. (2023). Pengaruh Penggunaan Wordwall Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa MKU Bahasa Jepang UNP. KIRYOKU, 7(1), 208-216.

Aqib, Z. (2014). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Daryanto (2018). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Djajadi, M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Arti Bumi Intaran: Yokyakarta.

Fitri, N. S., dkk.(2017). Penerapan Media Pembelajaran Word Wall dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Jepang terhadap Siswa Kelas XI Sman 9 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).

Hamid, A.M., dkk. (2020). Media Pembelajaran. Medan.Yayasan Kita Menulis.

Hartiningsih, D. (2022). Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Media Wordwall Siswa Kelas VII MTS. Guppi Kresnomulyo. ACTION: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 2(3), 303-312.

Idrus, N.W., dkk. (2021). Pemanfaatan media wordwall dalam peningkatan perbendaharaan kosakata (vocabulary) pada pembelajaran bahasa Inggris AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra 22:2 (2021), 376 – 387. DOI: dx.doi.org/10.23960/aksara/v22i2.pp376-387 P-ISSN: 1411-2051 / E-ISSN: 2620-3928 | Universitas Lampung.

Kisworo, M.W & Sofana, I (2017). Menulis Karya Ilmiah. Bandung: Informatika.

Mardiyanti, O., dkk. (2019) Keefektifan Media Word Wall Untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Jepang Siswa Kelas 2 SMK Sulthan Muazzam Syah Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 194-202.

Moelong, L.J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Oktoviandry, R., dkk. (2023). Developing Virtual Reality-Based Learning Media in Introduction to Psycholinguistics Class. Journal of English Language Teaching, 12(2), 361-371.

Rahmawati, B.F & Amar, S (2017). Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Universitas Hamzanwadi Press.

Sartika, R. (2017). Implementing Wordwall Strategy in Teaching Writing Descriptive Text for junior high school students. Journal of English and Education. Vol. 5 No. 2, October 2017, pp. 179-186.

Survey Report on Japanese-Language Education Abroad 2018. Diakses hari Senin tanggal 16 Oktober 2023 dari :

https://www.jpf.go.jp/j/project/japanese/survey/result/dl/survey2018/Reportalle.pdf

Syaprizal, M.P (2023). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Jepang dengan Metode Role Play Berbasis Kartu Bergambar Pada Siswa SMKN 1 Teluk Kuantan. Jurnal Pendidikan Media Guru Kreatif (PGRI Kabupaten Kuantan Singingi). 1(1), 1-14.

Zahro, U.A, dkk. (2020). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak dari Segi Umur, Jenis Kelamin, Jenis Kosakata, Sosial Eknomi Orang Tua dan Pekerjaan Orang Tua. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, (pp.187-198).

Published
2025-07-02
Abstract viewed = 2 times
pdf downloaded = 2 times