IMPLEMENTASI KURIKULUM AL-AZHAR KAIRO DI SD AZHARI ISLAMIC SCHOOL LEBAK BULUS JAKARTA SELATAN

  • Mardiatul Hayat -
Keywords: Implementasi, Kurikulum Al-Azhar Kairo

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum Al-Azhar Kairo di Sekolah Dasar Azhari Islamic School Lebak Bulus Jakarta Selatan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan Evaluasi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Dalam proses perencanaan kurikulum Al-Azhar Kairo di SD Azhari Islamic School, sekolah melibatkan seluruh guru bidang kurikulum Al-Azhar untuk membentuk tim penyusun kurikulum. Untuk  mengembangkan kurikulum pada masing-masing pelajaran bahasa Arab, Islamic Studies, Tahfidzul Qur’an serta menyederhanakan dan menyesuaikan kurikulum Al-Azhar Mesir dengan kurikulum Indonesia yang dituangkan melalui penyusunan  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan berpedoman pada silabus Al-Azhar.2) Pelaksanaan pembelajaran kurikulum Al-Azhar Kairo  dilakukan dengan serangkaian aktivitas pembelajaran yang terdiri dari apersepsi, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Bentuk penerapan kurikulum Al-azhar dilaksanakan pada jam intrakurikuler sekolah. 3) Evaluasi pembelajaran kurikulum Al-Azhar Kairo menggunakan sistem penilaian autentik, dimana komponen yang dievaluasi adalah kognitif, psikomotorik dan afektif, evaluasi penilaian mencakup nilai tugas, ulangan harian dan ulangan semester dengan sistem penilaian gabungan serta penilaian yang diambil dari performance test 4) Terdapat kendala dalam penerapan kurikulum Al-Azhar Kairo yaitu kesulitan memahami bahasa berstandar mesir, pengelolaan waktu, daya tangkap anak didik yang berbeda, faktor kemauan dan minat anak yang kurang, masih banyak yang belum lancar baca tulis Al- Qur’an.  Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam kuirkulum Al-Azhar Kairo antara lain penyederhanaan kurikulum, penyediaan media bantu. Pembuatan summary, sarana penunjang dengan adanya native speaker, kerjasama tim antar guru, siswa dan orangtua. Faktor lingkungan religi dan ketersediaan sarana dan prasarana .

Kata kunci : Implementasi, Kurikulum Al-Azhar Kairo

 

Abstract

This research is conducted to determine the implementation of Al-Azhar Cairo curriculum in Azhari Islamic School Lebak Bulus – South Jakarta. From planning, implementation and evaluation. The method used is descriptive analysis with qualitative approach with case study type.This research shows : 1) in the process of Al-Azhar curriculum planning at Azhari Islamic Elementary School , the school involves all school parties by forming a curriculum development team. This team consists of subject teacher of Al-Azhar Cairo curriculum, to develop the curriculum in several subjects; Arabic, Islamic studies and tahfidzul Qur’an which includes syllabus and lesson plans. 2) The implementation of Al-Azhar Cairo curriculum was held with various learning activites that consists of apperception, main activites and closing activities. 3) The evaluation of Al-Azhar Cairo Curriculum using authentic assessment system, in which the component evaluated are cognitive, psychomotor an affective, the evaluation includes daily repetition assignments, final test and performance test. 4) There are obstacles in the application of the Al-Azhar Cairo curriculum.  Difficulty understanding standardized Egyptian language, time management, different student catching abilities, interests and willingness, student still have not been able to read and write the Qur’an. Effort made to overcome obstacles in the Al-azhar Cairo curriculum include simplification of the curriculum, , summary, competent teachers, native speaker, teamwork between teachers, student and parents, and  religious environment, provision of supporting media, it can be resolved properly.

Keyword : Implementation of Curriculum, Al-Azhar Cairo Curriculum

Published
2020-06-08