PERAN EVALUASI DAN ASESMEN PENDIDIKAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN

  • Nadiatul Jannah Universitas IsIam Negeri Mataram
Keywords: : Evaluasi,asesment, pembelajaran, pendidikan.

Abstract

Evaluasi dan asesmen merupakan unsur fundamental dalam dunia pendidikan
yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil
pembelajaran. Kajian ini bertujuan untuk mengakji secara komperhensif tentang
pengertian evaluasi dan asesmen, tujuan, teknik, serta instrumen yang di
gunakan dalam asesmen pembelajaran, serta analisis hasil asesmen sebagai dasar
perbaikan strategi pemebelajaran. Metode kajian ini merupakan kajian kualitatif
dengan menggunakan pendekatan library research yakni menganalisi
permasalahan berdasarkan literatur baik berupa buku dan artikel ilmia. Hasil
kajian ini menunjukan bahwa eavaluasi dan assesmen pembelajaran sangat di
butyuhkan dalam sebuah proses pendidikan antara lain di laksanakan dengan
beberapa teknik antara lain, Asesmen Diagnostik, Asesmen Formatif, Asesmen
Sumatif, Asesmen Autentik, dengan demikian ketika teknik ini di laksanakan
dalam sebuah pembelajaran, maka pembelajaran di harapkan akan berjalan
sebagai mana mestinya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Calongesi, J. P. (1995). Educational Measurement and Evaluation. New York: HarperCollins, hlm. 21-22.

Chittenden, E. (1994). Classroom Assessment: Theory and Practice. London: Routledge, Vol. 2, No. 1, hlm. 12-15.

Fitri, Mardi, dan Na’imah Na’imah. (2020). “Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini.” Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–15.

Kumano, Y. (2001). Assessment in Science Education. Tokyo: University Press, hlm. 15-18.

Kusumawati, E. (2018). Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, hlm. 110-113.

Marwanto, D. (2017). Manajemen Kelas dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, hlm. 77-79.

Mulyasa, E. (2016). Manajemen Pembelajaran di Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, Edisi Revisi, hlm. 110-112.

Safitri, Ida, Sufyarma Marsidin, dan Ahmad Subandi. (2020). “Analisis Kebijakan Terkait Kebijakan Literasi Digital Di Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 176–80.

Stiggins, R. J. (1994). Student-Centered Classroom Assessment. New York: Merrill, hlm. 3-7.

Suryani, W. (2013). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana, hlm. 88.

Suryanto, D. (2012). Psikologi Pendidikan untuk Pengajaran yang Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya, hlm. 56-58.

Wahyuni, T. (2015). Manajemen Kelas dan Penanganan Perilaku Siswa. Jakarta: Bumi Aksara, hlm. 47-49, 48-49.

Yuli Fitria. (2022). “Kemampuan Adaptasi Psikososial Dengan Kemunculan Perilaku Bermasalah Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(2), 229–36.Asrori. Psikologi Pendidikan: Pendekatan Multidisipliner. CV. Pena Persada, 2020

Published
2025-07-10
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times