Uji Coba Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Metode Tabel Terhadap Kemampuan siswa Menyelesaikan soal cerita Materi Konsep Penarikan Akar Pangkat Tiga Bilangan Kubik Pada Kelas V Di Tiga Madrasah Ibtidaiyah Kota Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Zulkarnain Zulkarnain IAIN Pontianak
Keywords: Pembelajaran Matematika Dengan Metode Tabel Dan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pelaksanaanpembelajaran matematika pada materi penarikan akar pangkat tiga bilangan kubik di Madrasah Ibtidaiyah masih menggunakan konsep lama yaitu konsep pohon factor dan system hapalan. Hal ini juga berkaitan erat dengan kondisi di lapangan mengenai tenaga pengajar di MI, yang bukan memiliki latar pendidikan guru matematika, sehingga guru kurang kreatif dalam mencoba metode lain untuk membantu siswa dalam menyelesaikan soal pada materi penarikan akar pangkat tiga.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian positivisme – kuantitatif. Jenis penelitian eksprimen kuasi (quasi experiment) atau eksprimen semu, karena peneliti memberikan treatment yang sama di tiap Sekolah lokasi penelitian. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 112 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi langsung dengan alat yang digunakan yaitu lembar observasi, teknik pengukuran yang diberikan berupa tes tertulis dan studi dokumenter. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji anova satu jalur.  kesuluruhan uji yang dilakukan menggunakan bantuan package software statistik SPSS 25.0 for Windows.

Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1)  Penerapan metode tabel pada materi penarikan akar pangkat tiga  di Tiga Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Kota Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020 telah dilaksanakan dengan benar, sesuai penilaian observer di masing – masing tempat penelitian. Mulai dari penyampaian tujuan pembelajaran hingga soal evaluasi; 2) Jika ditinjau dari nilai rata – rata kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi penarikan akar pangkat tiga menggunakan metode tabel di tiga Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Kota Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020 adalah sebesar 87,37 %  termasuk dalam kategori sangat baik  dan 3) Tidak terdapat perbedaan kemampuan siswa yang signifikan dalam menyelesaikan soal cerita materi akar pangkat tiga bilangan kubik menggunakan metode tabel antara siswa kelas V di Tiga Madrasah Ibtidaiyah Kota Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020.

Published
2020-02-06