PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI MTs TARBIYAH ISLAMIYAH SUNGAI PINANG KECAMATAN HULU KUANTAN

  • Zulia Putri

Abstract

Berdasarkan observasi awal penulis di MTs Tarbiyah Islamiyah Sungai Pinang Kecamatan Hulu Kuantan ditemukan gejala-gejala di lapangan antara lain: 1) Masih ada Siswa yang jarang mengucapkan salam apabila bertemu guru dan teman disekolah 2) Masih ada siswa yang tidak serius dan tidak ikut membaca al-Qur’an ketika proses pembelajaran akan dimulai. 3)Masih ada segelintir siswa yang suka mengeluarkan kata-kata kotor dan berucap kurang sopan.4)Masih ada pihak guru yang belum terlihat perannya sebagai pembimbing, terkesan cuek dan kurang memperhatikan perilaku siswa dan 5) Ketika sholat zuhur berjema’ah masih ada siswa yang tidak sholat dan kurang serius untuk mengikutinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku keagamaan siswa serta faktor-faktor yang mempengaruhinya di MTs Tarbiyah Islamiyah Sungai Pinang
Berdasarkan hasil pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, maka dianalisis data dengan menggunakan teknik triangulasi, yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu. Dalam teknik tringulasi informasi yang diperoleh dari beberapa sumber diperiksa silang antara data wawancara dengan data pengamatan, dan dokumen. Teknik tringulasi bermaksud menguji keabsahan data yang diperoleh dan diungkapkan dalam bentuk kalimat.
Setelah dianalisa data dapat diambil kesimpulan bahwa Peran guru PAI terhadap Perilaku Keagamaan siswa di MTs Tarbiyah Islamiyah Sungai Pinang Kecamatan Hulu Kuantan, berdasarkan hasil wawanacara dengan 5 orang guru Pendidikan agama Islam bahwa mereka berperan baik dalam perilaku keagamaan siswa terutama pada perialku tawadhu’, Qona’ah dan Tasamuh dengan memberikan contoh dan teladan secara langsung kepada siswa.
Faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru PAI terhadap perilaku keagamaan siswa di MTs Tarbiyah Islamiyah Sungai Pinang Kecamatan Hulu Kuantan yaitu :Faktor yang mendukung yaitu : Sekolah yang berbasis madrasah sehingga siswanya lebih religius, Guru agama yang aktif dalam membina dan membimbing siswa, Banyaknya pelajaran dan kegiatan yang bernuansa agama sehingga jiwa peserta didik lebih religius dan Suasana madrasah yang islami dan religius. Sementara faktor yang menghambat yaitu Pengaruh suasana keluarga yang tidak rukun dan damai. Pengaruh lingkungan tempat tinggal yang kurang kondusif dan Pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi

Published
2020-09-03