EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 001 PASAR BARU PANGEAN

  • Wiwit Nopriyanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Pembelajaran Pendidikan agama Islam dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di SD Negeri 001 Pasar Baru Pangean.
Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis laksanakan pada SD Negeri 001 Pasar Baru Pangean, bahwa proses pembelajaran pendidikan agama Islam masih kurang efektif. Hal ini terlihat dari gejala-gejala sebagai berikut :1)Pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan suatu pelajaranyang penting, akan tetapi siswa kurang berminat dalam mempelajarinya 2) Ada sebagaian siswa yang enggan menghafal bacaan ayat pendek yang diperintahkan oleh guru, padahal itu amalan yang harus dilaksanakan.3)Guru pendidikan agama Islam kurang dapat mengkontekstualkan materi yangdisampaikan. 4)Proses pembelajaran menjadi pasif, ketika guru menjelaskandan siswa hanya mendengarkan, guru bertanya dan siswa menjawab dan banyak yang diam.5)Materi yang disampaikan akan kurang bermakna bagi siswa,karena materi kurang menarik dan kurang menantangsehingga motivasi siswa rendah dalam mengikuti pembelajaran. 6) Ketika diadakan diskusi hanya sedikit siswa yang ikut aktif untuk bertanya dan menjawab pertanyaan.
Dari hasil pengumpulan data dengan cara observasi, angket, wawanacara dan dokumentasi, maka dianalisis data dengan rumus persentase untuk mengetahui besarnya jawaban angket dari responden, rumus yang penulis gunakan adalah rumus statistik persentase yaitu:P = F / N x 100 %
Berdasarkan analisis dengan Rumus persentase maka dapat disimpulkan bahwa :Efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 001 Pasar Baru Pangean sangat efektif, hal ini terbukti ketika pelaksanaan pembelajaran berlangsung dan hasil persentase angket yang mencapai 100%
Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 001 Pasar Baru Pangean yaitu : Faktor yang mendukung diantaranya : a) Sarana dan prasarana yang sudah lengkap untuk tingkat sekolah dasar. b) Guru agama yang aktif dalam memberikan pembelajaran kepada siswa c) Strategi dan metode serta teknik dalam pembelajaran yang diterapkan secara bergantian dan d) Perangkat mengajar guru yang lengkap dan menjadi acuan untuk mengajar dikelas. Sementara Faktor yang menghambat adalah : a) Pengaruh suasana keluarga siswa dirumah yang tidak rukun dan damai b) Pengaruh lingkungan tempat tinggal yang kurang kondusif c) Pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dan d) Usia dan perkembangan kematangan siswa.

Published
2020-09-03