PENERAPAN METODE LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS VIII A

  • Sri Wahyuni

Abstract

Rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqh di kelas VIII A di MTs TI Koto Lubuk Jambi Kecamatan Kuantan Mudik yang ditandai dengan hasil pra riset yang menunjukkan tidak semangatnya siswa dalam belajar dan guru belum menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, maka peneliti ingin melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) guna untuk melihat bagaimana proses belajar mengajar yang peneliti lakukan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Learning starts with a question pada mata pelajaran fiqh di Mts TI Koto Lubuk Jambi Kecamatan Kuantan Mudik dan apakah metode ini dapat meningkatkan motivasi belajar.
Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas, untuk mendapatkan data yang diperlukan, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Learning starts with a question dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqh kelas VIII A di Mts TI Koto Lubuk Jambi Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi berhasil sesuai dengan rencana pembelajaran. Hal ini diketahui dari hasil pengamatan lembar observasi dengan persentase penerapan mencapai 100%. Melalui penerapan metode dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII A pada mata pelajaran fiqh di MTs TI Koto Lubuk Jambi Kecamatan Kuantan Mudik. Hal ini terbukti dari, pada pra tindakan (pra siklus) hanya 12,41% dari hasil observasi motivasi belajar siswa, kemudian pada siklus 1 meningkat menjadi 35,85, pada siklus 2 kembali meningkat menjadi 53,79%, begitu juga dengan siklus 3 hasil observasi motivasi belajar siswa menjadi 80,68%.

Published
2020-09-03