HASIL BELAJAR TEKS LAPORAN PERCOBAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJEK BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS IX-2 MTSN 1 NAGAN RAYA

  • Hajarah Hajarah MTsN 1 Nagan Raya Aceh Barat
Keywords: Model Pembelajaran, Project Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap penggunaan Teks Laporan Percobaan. Prosedur penelitian yang dilaksanakan peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Metode penelitian ini dirancang dalam dua siklus. Siklus I merupakan tindakan menggunakan pendekatan kontekstual dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning, karena masih terdapat kekurangan. Sedangkan pada siklus II merupakan tindakan menggunakan pendekatan kontekstual dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning, dimana ada peningkatan dan dilakukan secara lebih sempurna dan terarah. Data-data yang diperoleh setelah pelaksanaan tindakan, selanjutnya dianalisis dengan statistik deskriptif. Berdasarkan tindakan dan analisis tersebut, maka diperoleh hasil penelitian bahwa penerapan pendekatan kontekstual dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning, dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX-2 MTsN I Nagan Raya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi Teks Laporan Percobaan. Hasil penelitian menunjukkan siklus I hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata 62.14, dan siklus II nilai rata-rata mencapai 86.66.

Abstract

This research aims to improve the quality of Indonesian language learning towards the use of Experimental Report Text. The research procedure carried out by researchers uses the Class Action Research method. This research method is designed in two cycles. The first cycle is an action to use a contextual approach using the Learning Project-Based Learning model because there are still shortcomings. While in the second cycle it is an act of using contextual approaches using contextual learning models using the Learning Project-Based Learning model, where there are improvements and done more perfectly and targeted. The data obtained after the execution of the action is then analyzed with descriptive statistics. Based on these actions and analysis, the results of the research obtained that the application of contextual approaches using the learning model Based Learning Project, can improve the learning outcomes of students in grade IX-2 MTsN I Nagan Raya in learning Bahasa Indonesia in the Experimental Report Text material. The results showed that the first cycle of students' learning outcomes reached an average score of 62.14, and the second cycle averaged 86.66.

Published
2021-01-22