https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/Alhikmah/issue/feed AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam) 2025-07-11T05:55:54+07:00 Bustanur bustanur75@gmail.com Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">Journal AL-HIKMAH (Journal of Islamic Education) has p-ISSN 2685-4139 and e-ISSN 2656-4327 is a journal managed and published by the Islamic Education Study Program of the Faculty of &nbsp;Tarbiyah and Teacher Training, Kuantan Singingi Islamic University.&nbsp;Journal AL-HIKMAH&nbsp; publishes scientific manuscripts related to Islamic Education and Education periodically 2 times a year; January and July.</p> https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/4309 PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORD WALL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG PADA SISWA SMKN 1 TELUK KUANTAN 2025-07-03T06:15:53+07:00 Muhammad Peri Syaprizal Syaprizal perisyap@yahoo.com Dwi Putri Musdansi dwipu3musdansi.uniks@gmail.com <p>Pada pembelajaran bahasa Jepang di SMKN 1 Teluk Kuantan, siswa kesulitan dalam mengingat kosakata di setiap bab yang dipelajari sehingga kurangnya penguasaan kosakata bahasa Jepang. Hal ini dikarenakan, siswa enggan membuka atau membaca kembali catatan daftar kosakata yang telah dipelajari dan juga karena kurangnya variasi metode dan media untuk pengajaran kosakata bahasa Jepang. Untuk itu peneliti bermaksud mengadakan perbaikan pengajaran dengan cara mengganti metode menghafal menjadi media Word Wall dengan tujuan mampu untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa di SMKN 1 Teluk Kuantan dan mengetahui seberapa besar peningkatanya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII TKJ 1 SMKN 1 Teluk Kuantan sebanyak 21 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Rancangan yang digunakan adalah menggunakan model PTK Kemmis &amp; Mc. Taggart &nbsp;yang dalam setiap siklus &nbsp;meliputi &nbsp;langkah-langkah: 1) &nbsp;perencanaan, &nbsp;2) &nbsp;melaksanakan &nbsp;tindakan, 3) melaksanakan pengamatan, 4) mengadakan refleksi/analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengamatan, catatan lapangan, tes tertulis, dan dokumentasi. Pada akhir siklus I persentase aktivitas guru sebesar 70,00% (Baik), persentase ketuntasan siswa sebesar 61,90% (kurang) dengan rata-rata nilai kelas sebesar 63,67 dan pada akhir siklus II persentase aktivitas guru sebesar 90,00% (sangat baik), persentase ketuntasan siswa sebesar 85,71% (sangat baik) dengan rata-rata nilai kelas sebesar 81.52. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Word Wall dapat meningkatkan kemampuan penguasan kosakata bahasa Jepang pada siswa kelas XII TKJ 1 SMKN 1 Teluk Kuantan.</p> 2025-07-02T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Muhammad Peri Syaprizal Syaprizal https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/4427 PENGEMBANGAN KURIKULUM INOVATIF DAN PENERAPAN ASESMEN PEMBELAJARAN PAI 2025-07-04T16:49:57+07:00 Rizqah Fadhilah Bula Bula rizqahfadhillahbula30@gmail.com Muh. Arif muharif@iaingorontalo.ac.id Mujahid Damopolii mujahiddampolii@iaingorontalo.ac.id Burhanuddin Abdul Karim Mantau burhanmantau@iaingorontalo.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam konsep dan praktik pengembangan kurikulum inovatif serta penerapan asesmen dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan akan kurikulum PAI yang mampu merespons perubahan zaman, perkembangan teknologi, serta dinamika sosial budaya yang terus berkembang. Metode yang digunakan adalah penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, di mana sumber data diperoleh dari buku, artikel ilmiah, jurnal, dan dokumen-dokumen akademik yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum PAI yang inovatif perlu mempertimbangkan pendekatan yang kontekstual, integratif, dan berorientasi pada kebutuhan peserta didik abad ke-21. Kurikulum yang baik tidak hanya bersifat normatif-teoritis, tetapi juga aplikatif dalam mendukung terciptanya pembelajaran yang bermakna. Di sisi lain, asesmen pembelajaran berperan penting dalam mengevaluasi capaian kompetensi peserta didik secara komprehensif, mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penerapan asesmen yang tepat dapat menjadi instrumen strategis untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar. Oleh karena itu, integrasi antara pengembangan kurikulum yang inovatif dengan asesmen pembelajaran yang efektif menjadi elemen penting dalam menciptakan pendidikan agama yang relevan, adaptif, dan transformatif di era modern.</p> 2025-07-04T16:47:01+07:00 Copyright (c) 2025 Rizqah Fadhilah Bula Bula, Muh. Arif, Mujahid Damopolii, Burhanuddin Abdul Karim Mantau https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/4608 ISLAMISASI ILMU DITENGAH ARUS MODERNITAS: ANALISIS TANTANGAN DAN PELUANG BERDASARKAN PANDANGAN AL FARUQI DAN AL ATTAS 2025-07-11T05:55:54+07:00 Rizky Firnanda firnandarizky88@gmail.com M. Husnaini m.husnaini@uii.ac.id <p>Abstrak:<br>Artikel ini bertujuan untuk mengkaji konsep Islamisasi ilmu sebagai respons terhadap dominasi epistemologi sekuler dalam sistem keilmuan modern, serta menganalisis tantangan dan peluang penerapannya berdasarkan pemikiran dua tokoh utama: Ismail Raji al-Faruqi dan Syed Muhammad Naquib al-Attas. Islamisasi ilmu dalam pandangan kedua tokoh ini bukan sekadar upaya menggabungkan ilmu agama dan ilmu umum, tetapi merupakan proses rekonstruksi paradigma keilmuan yang berlandaskan pada tauhid, wahyu, akal, dan pengalaman sebagai sumber pengetahuan yang saling melengkapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research) terhadap karya-karya utama Al-Faruqi dan Al-Attas, serta literatur pendukung dari para pemikir Muslim kontemporer lainnya seperti Fazlur Rahman, Mohammed Arkoun, dan Sayyid Abul A’la Maududi. Analisis dilakukan terhadap argumen-argumen epistemologis, prinsip dasar Islamisasi ilmu, serta kondisi sosial-intelektual umat Islam di era modernitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islamisasi ilmu menghadapi tantangan besar, antara lain dominasi positivisme dalam metodologi ilmu, dualisme kurikulum pendidikan Islam, dan lemahnya institusi pendidikan berbasis nilai Islam. Namun, terdapat peluang besar berupa meningkatnya kesadaran akademik terhadap pentingnya integrasi ilmu, tumbuhnya universitas Islam dengan pendekatan integratif, serta pesatnya perkembangan teknologi digital yang mendukung penyebaran gagasan Islamisasi ilmu. Dengan demikian, Islamisasi ilmu merupakan proyek peradaban yang strategis untuk membangun sistem pengetahuan yang holistik, etis, dan spiritual, sebagai alternatif atas fragmentasi ilmu akibat sekularisasi modern.</p> <p>Kata Kunci: Islamisasi Ilmu, Epistemologi Islam, Sekularisme, Al-Faruqi, Al-Attas, Modernitas.</p> 2025-07-04T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Rizky Firnanda, M. Husnaini https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/4469 PERAN EVALUASI DAN ASESMEN PENDIDIKAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN 2025-07-10T06:44:22+07:00 Nadiatul Jannah nadya.maret@gmail.com <p>Evaluasi dan asesmen merupakan unsur fundamental dalam dunia pendidikan<br>yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil<br>pembelajaran. Kajian ini bertujuan untuk mengakji secara komperhensif tentang<br>pengertian evaluasi dan asesmen, tujuan, teknik, serta instrumen yang di<br>gunakan dalam asesmen pembelajaran, serta analisis hasil asesmen sebagai dasar<br>perbaikan strategi pemebelajaran. Metode kajian ini merupakan kajian kualitatif<br>dengan menggunakan pendekatan library research yakni menganalisi<br>permasalahan berdasarkan literatur baik berupa buku dan artikel ilmia. Hasil<br>kajian ini menunjukan bahwa eavaluasi dan assesmen pembelajaran sangat di<br>butyuhkan dalam sebuah proses pendidikan antara lain di laksanakan dengan<br>beberapa teknik antara lain, Asesmen Diagnostik, Asesmen Formatif, Asesmen<br>Sumatif, Asesmen Autentik, dengan demikian ketika teknik ini di laksanakan<br>dalam sebuah pembelajaran, maka pembelajaran di harapkan akan berjalan<br>sebagai mana mestinya</p> 2025-07-10T06:42:41+07:00 Copyright (c) 2025 Nadiatul Jannah