AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam) https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/Alhikmah <p style="text-align: justify;">Journal AL-HIKMAH (Journal of Islamic Education) has p-ISSN 2685-4139 and e-ISSN 2656-4327 is a journal managed and published by the Islamic Education Study Program of the Faculty of &nbsp;Tarbiyah and Teacher Training, Kuantan Singingi Islamic University.&nbsp;Journal AL-HIKMAH&nbsp; publishes scientific manuscripts related to Islamic Education and Education periodically 2 times a year; January and July.</p> en-US bustanur75@gmail.com (Bustanur) alhikmahftkuniks@gmail.com (Irfandi) Thu, 03 Jul 2025 06:16:04 +0700 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORD WALL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG PADA SISWA SMKN 1 TELUK KUANTAN https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/4309 <p>Pada pembelajaran bahasa Jepang di SMKN 1 Teluk Kuantan, siswa kesulitan dalam mengingat kosakata di setiap bab yang dipelajari sehingga kurangnya penguasaan kosakata bahasa Jepang. Hal ini dikarenakan, siswa enggan membuka atau membaca kembali catatan daftar kosakata yang telah dipelajari dan juga karena kurangnya variasi metode dan media untuk pengajaran kosakata bahasa Jepang. Untuk itu peneliti bermaksud mengadakan perbaikan pengajaran dengan cara mengganti metode menghafal menjadi media Word Wall dengan tujuan mampu untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa di SMKN 1 Teluk Kuantan dan mengetahui seberapa besar peningkatanya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII TKJ 1 SMKN 1 Teluk Kuantan sebanyak 21 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Rancangan yang digunakan adalah menggunakan model PTK Kemmis &amp; Mc. Taggart &nbsp;yang dalam setiap siklus &nbsp;meliputi &nbsp;langkah-langkah: 1) &nbsp;perencanaan, &nbsp;2) &nbsp;melaksanakan &nbsp;tindakan, 3) melaksanakan pengamatan, 4) mengadakan refleksi/analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengamatan, catatan lapangan, tes tertulis, dan dokumentasi. Pada akhir siklus I persentase aktivitas guru sebesar 70,00% (Baik), persentase ketuntasan siswa sebesar 61,90% (kurang) dengan rata-rata nilai kelas sebesar 63,67 dan pada akhir siklus II persentase aktivitas guru sebesar 90,00% (sangat baik), persentase ketuntasan siswa sebesar 85,71% (sangat baik) dengan rata-rata nilai kelas sebesar 81.52. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Word Wall dapat meningkatkan kemampuan penguasan kosakata bahasa Jepang pada siswa kelas XII TKJ 1 SMKN 1 Teluk Kuantan.</p> Muhammad Peri Syaprizal Syaprizal, Dwi Putri Musdansi Copyright (c) 2025 Muhammad Peri Syaprizal Syaprizal https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/4309 Wed, 02 Jul 2025 00:00:00 +0700