PENGEMBANGAN MEDIA POWTOON DALAM PEMBELAJARAN DITINJAU SECARA LITERATURE REVIEW

  • Melda Rahmatul Karima
  • Jumriana Rahayu Ningsih Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Powtoon; Literatur Review; Model R&D; Perkembangan Zaman

Abstract

Semakin berkembangnya berbagai fasilitas yang memudahkan untuk mengakses pendidikan, maka perlu adanya penyesuaian pada tuntutan perkembangan zaman. Dimana guru dan peserta didik diharuskan memiliki kemampuan dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Salah satu contohnnya adalah menggunakan aplikas Powtoon. Aplikasi ini bersifat interaktif, menarik secara aspek indera, penggunaannya praktis, variatif, dapat terjadinya feedback dari peserta didik dan mampu memberikan motivasi kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengembangan aplikasi powtoon dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode literatur review yang menggunakan 10 artikel R&D, dengan 6 artikel jurnal model ADDIE, 1 artikel jurnal jurnal model R&D Borg & Gall, 1 artikel jurnal model Hannafin dan Peck, dan 2 jurnal model pengembangan 4D. Validasi para ahli menunjukkan hasil yang sangat memuaskan dari 10 artikel tersebut, dimana hasil validasi dari ahli materi adalah 90% dan ahli media 88% dan hasil angket respon peserta didik juga menunjukkan hasil yang sangat baik yaitu 88%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi powtoon sangat  membantu siswa dalam memahami materi.

Kata kunci : Powtoon; Literatur Review; Model R&D; Perkembangan Zaman

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z., Razaqi, R., & Puspitasari, Y. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO DESAIN KOMUNIKASI VISUAL TAHUN PELAJARAN 2020-2021 SMK AL-FALAH PESANGGRAHAN. Jurnal Nasional Holistic Science, 1(2), 39–45. https://doi.org/10.30596/jcositte.v1i1.xxxx

Apriliani, M. A., Maksum, A., Wardhani, P. A., Yuniar, S., & Setyowati, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon untuk mengembangkan karakter tanggung jawab The development learning media PPKn SD based on Powtoon to develop the character of responsibility PENDAHULUAN Dewasa ini , pendidikan dituntut untuk meng. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VIII(2), 129–145. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.129-145

Cahyati, N., Syafdaningsih, S., & Rukiyah, R. (2018). Pengembangan Media Interaktif dalam Pengenalan Kata Bermakna pada Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 160–170. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.11339

Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229

Fajar, S., Riyana, C., & Hanoum, N. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu. Journal Edutcehnologia, 3(2), 101–114.

Fauziyyah, A., Sari, P. M., & Kunci, K. (2022). Volume : 8 Bulan : November Tahun : 2022 Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis HOTS pada Pembelajaran IPA Materi Cuaca Kelas 3 di Sekolah Dasar Volume : 8 Nomor : 4 Bulan : November Tahun : 2022. 1607–1616. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.945

Fitriyani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon tentang Konsep Diri dalam Bimbingan Kelompok untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104.

Hasugian, R., Siagian, G., & Silaban, W. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(April), 15–19. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i01.3776

Irfandi, I., Lasmiadi, L., Putra, A., Ardi, F., Prasenta, I., Yulita, E., Murni, D., Agista, C., & Jusandi, D. (2024). Utilization of plasticine as a learning medium for students at State Elementary School 014 Munsalo Kopah. Journal of Community Service in Science and Engineering (JoCSE), 03(01), 25–28.

Irfandi, I., Mualif, A., Alhairi, A., Musdansi, D. P., Akbar, H., Mailani, I., Ningsih, J. R., Yuhelman, N., & Murwindra, R. (2023). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media dan sumber belajar bagi anak. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 74–79. https://doi.org/https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v3i1

Irfandi, I., & Murwindra, R. (2022). Analysis Of Difficulties In Developing Wondershare Quiz Creator As A Media For Evaluation Of Chemistry Learning Based On Hots. JIPMuktj:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 3(1), 38–41. https://doi.org/https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v3i1.30

Irfandi, I., Musdansi, D. P., Murwindra, R., Chandra, M. F., & Rini, R. (2024). LECTURER AND STUDENT PERSPECTIVES IN DEVELOPING ELECTRONIC STUDENT WORKSHEETS BASED ON A STEM. Education Insights Journal, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.31571/eijournal.v2i1.13

Jenar, F. A., & Nova, S. (2023). Pengembangan Media Video Pembelajaran Geografi Berbasis Powtoon Pada Materi Mitigasi Bencana Kelas XI SMAN 1 Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 24860–24867.

Kusumawati, F., & Setyadi, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Powtoon pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1486–1498.

Lestari, N. D., Hermawan, R., & Heryanto, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran menggunakan powtoon untuk pembelajaran tematik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 33–43.

Mailani, I., Lasmiadi, L., Zulhaini, Z., & Irfandi, I. (2024). DAMPAK IMPLEMENTASI KURIKULUM MBKM : ANALISIS KEPUASAN MITRA TERHADAP IMPLEMENTASI KKN TEMATIK. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(2), 937–943. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i2

Munir. (2012). Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam dalam Pendidikan. Alfabeta.

Nor, M., Irianti, M., & Melani, S. D. (2021). Development of PowToon-Based Physics Learning Media on Atomic Nucleus Materials for Class XII Senior High School. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 43–50. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31258/jgs.9.1.43-50 Development

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–210.

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using learning media to increase learning motivation in elementary school. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a

Rambe, D. K., & Eldarni, E. (2023). Development of Powtoon-Based Audiovisual Media in English Language Subjects for Class VIII SMP. Jurnal Pendidikan Mandala, 8(4), 1170–1175. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JJUPE/index%0AVol.

Rosiyanti, H., Eminita, V., & Riski, R. (2020). Desain Media Pembelajaran Geometri Ruang Berbasis Powtoon. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 77–86. https://doi.org/https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24853/fbc.6.1.77-86

Yulia, D., & Ervinalisa, N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa IIs Kelas X di SMA Negeri 17 Batam Tahun Pelajaran 2017/2018. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 2(1).

Yunus, N. M., Khaerati, K., & Rismawati, R. (2023). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Materi Ekosistem Kelas VII SMP Negeri 6 Palopo Nur. Biogenerasi Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 564–568. https://e-journal.my.id/biogenerasi

Published
2024-10-02
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 2 times