EFEKTIVITAS MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI HIDROKARBON
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Pemahaman Konseptual Siswa pada Materi Hidrokarbon di SMA Negeri 1 Wakorumba Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi pemahaman konseptual materi hidrokarbon dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (2) Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konseptual siswa pada materi hidrokarbon (3) Respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrokarbon. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI Merdeka A di SMA Negeri 1 Wakorumba Selatan , Kecamatan Wakorumba Selatan, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan Pretest dan Posttest dengan instrumen berupa soal two-tier, dan angket respon siswa. Dari hasil analisis data diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) Pemahaman konseptual teridentifikasi pada semua konsep hidrokarbon dengan rata-rata sebesar 72,04%, hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing yang digunakan dapat memberikan peningkatan pemahaman konseptual materi Hidrokarbon. Dari 4 konsep hidrokarbon yang memiliki pemahaman konseptual tertinggi adalah rumus alkana, alkena dan alkuna berdasarkan strukturnya. Sebaliknya pemahaman konseptual terendah terdapat pada konsep penamaan alkana, alkena dan alkuna. (2) Model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan pemahaman konseptual siswa setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing sebesar 0,77 (kategori tinggi). (3) Respon siswa terhadap penggunaan model inkuiri terbimbing pada materi hidrokarbon terhadap pemahaman konseptual siswa dikategorikan baik.
Kata Kunci : Inquiri Terbimbing, Pemahaman Konseptual, Hidrokarbon.