PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SIWA KELAS V PADA PELAJARAN PAI DI SD NEGERI 015 GERINGGING JAYA KECAMATAN SENTAJO RAYA KABUPATEN KUANTAN SINGINGI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran Tim Token dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V mata pelajaran PAI di SDN 015 Geringging Jaya Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru PAI dan siswa kelas V tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah sebanyak 22 orang yang terbagi atas 12 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Tim Token untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V mata pelajaran PAI di SDN 015 Geringging Jaya Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan tiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Berdasarkan dari hasil penelitian dan analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat Peningkatan Keaktifan Belajar siswa kelas V dengan Penerapan Model pembelajaran Time Token pada pelajaran PAI di SDN 015 Geringging Jaya Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi, hal ini dibuktikan dari peningkatan keaktifan siswa setiap siklusnya, yaitu dari 40,91% pada pra siklus menjadi 51,82% pada siklus I dan kembali mengalami peningkatan menjadi 85,45% pada siklus II.