PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS I PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 005 KEBUN LADO KECAMATAN SINGINGI

  • Delni Elita Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Model Pembelajaran Picture and Picture, Minat Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam

Abstract

Salah satu upaya pembaharuan dalam bidang pendidikan adalah pembaharuan metode atau meningkatkan relevansi metode mengajar. Metode mengajar dikatakan relevan jika mampu mengantarkan siswa mencapai tujuan pendidikan pada umumnya. Banyak hasil riset yang mengungkapkan bahwa minat belajar siswa berkorelasi positif dengan keberartian pengalaman belajar siswa. Pentingnya minat belajar merupakan salah tolak ukur dari keberhasilan siswa dalam belajar. Siswa yang memiliki minat pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tentunya akan melaksanakan pekerjaanya dengan perasaan senang dan tidak menunda-menunda pekerjaanya. Sikap yang demikian menggambarkan ketertarikan siswa terhadap materi pelajaran dan mengupayakan kegiatan yang dapat mendukungnya dalam mencapai prestasi belajar. kenyataanya minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam masih rendah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan sampel penelitian adalah Kelas I karena kelas ini merupakan kelas awal sehingga guru perlu menerapkan metode-metode pembelajaran yang menyenangkan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Metode picture and picture ini bisa digunakan dalam pembelajaran PAI di kelas I yaitu pada Pokok Bahasan Berwudhu yang dilaksanakan dalam 3 (tiga) kali pertemuan atau tatap muka. Penerapan model pembelajaran picture and picture pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas I SD Negeri 005 Kebun Lado, terlihat bahwa guru telah dapat melaksanakan pembelajaran melalui proses-proses atau langkah- langkah model pembelajaran picture and picture sesuai dengan indikator- indikator model pembelajaran picture and picture. Penerapan model pembelajaran picture and picture pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas I SD Negeri 005 Kebun Lado dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan frekuensi indikator minat belajar siswa, yaitu pada tahap Hal ini dapat dilihat pada Pra Siklus sebanyak 56 frekuensi indikator minat belajar, Siklus II sebanyak 84 frekuensi indikator minat belajar, Siklus II sebanyak 125 frekuensi indikator minat belajar dan pada Siklus III diketahui dari hasil observasi sejumlah 143 frekuensi indikator minat belajar siswa.

Published
2023-07-06