PENERAPAN METODE JURNAL BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII A DI MTS.N SENTAJO

  • Renaldi Addaha Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Metode Jurnal Belajar, Motivasi Belajar

Abstract

Dari hasil obsevasi pada kelas VII a dan wawancara dengan guru mata pelajaran fiqih, peneliti menemukan gejala bahwa motivasi siswa dalam pembelajaran fiqih masih rendah, siswa terlihat kurang semangat mengerjakan tugas-tugas belajarnya, siswa kurang dapat menyampaikan aspirasinya terkait materi pelajaran, mereka umumnya bersikap diam dalam ketidakpahaman tersebut, Siswa juga merasa jenuh dan bosan dalam pembelajaran sehingga siswa kurang memaknai proses pembelajaran, kebanyakan dari siswa menyimpan sendiri permasalahan mengenai apa yang telah dialami ketika berlangsung proses pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan metode jurnal belajar pada mata pelajaran fiqih. Kemudian teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan hasil penelitian penerapan metode jurnal belajar terbukti dapat meningkatkan motivasi belajarsiswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII a di MTs.N Sentajo, hal ini dapat dilihat Pada pra siklus persentase motivasi belajar siswa terlihathanya 36,6% saja, pada siklus I persentase motivasi belajar siswa sebesar 49,8%, pada siklus II persentase motivasi belajar siswa 60,6% dan pada siklus III persentase motivasi belajar siswa telah mencapai 80%.

Published
2023-07-06