IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN LISTENING TEAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 007 TELUK PAUH KECAMATAN PANGEAN

  • Sri Nurhayati Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Strategi Pembelajaran Listening Team, Pendidikan Agama Islam, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Strategi pembelajaran Listening Team bertujuan membentuk kelompok- kelompok yang mempunyai tugas atau tanggung jawab tertentu yang berkaitan dengan materi. Strategi ini di aplikasikan pada materi Pendidikan Agama Islam, diharapkan akan dapat merubah sistem metode pembelajaran pada PAI yang selama ini cenderung monoton dan membosankan, sehingga siswa diharapkan lebih aktif. Menciptakan minat belajar yang tinggi dalam mengikuti proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang terlibat langsung dalam penerapan metode Listening Team dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 007 Teluk Pauh Tahun 2015/2016. Penerapan strategi pembelajaran Listening Team pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V SD Negeri 007 Teluk Pauh, terlihat bahwa guru telah dapat melaksanakan pembelajaran melalui proses-proses atau langkah- langkah strategi pembelajaran Listening Team sesuai dengan indikator-indikator strategi pembelajaran Listening Team. Penerapan strategi pembelajaran Listening Team pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V SD Negeri 007 Teluk Pauh dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata- rata nilai dan jumlah siswa yang memenuhi standar KKM, yaitu Pra Siklus nilai rata-rata kelas 64,05 dan jumlah siswa yang memenuhi KKM hanya 3 orang, sedangkan pada Siklus I nilai rata-rata kelas 67,65 dan siswa yang memenuhi KKM sebanyak 7 orang, pada Siklus II diketahui nilai rata-rata kelas menjadi 69,70 dan jumlah siswa yang memenuhi KKM sebanyak 12 orang serta pada Siklus III nilai rata-rata kelas menjadi 71,95 dan jumlah siswa yang memenuhi KKM sebanyak 17 orang. Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan strategi pembelajaran Listening Team adalah sebagai berikut: a) Siswa aktif dalam sesi wawancara, tanya jawab dan diskusi. Siswa mampu mengemukakan pendapat atau analisanya mengenai materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru; b) Guru telah melaksanakan seluruh indikator-indikator pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Listening Team dengan baik dan c) Guru menutup sesi pembelajaran dengan memberikan penguatan terhadap materi pembelajaran.

Published
2023-07-06