PENGARUH METODE WAFA TERHADAP BACAAN AL-QUR’AN SISWA KELAS VII MTS PONDOK PESANTREN SYAFA’ATURRASUL KECAMATAN KUANTAN TENGAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Indra Ahmad Ghozali Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Metode Wafa, Bacaan Al-Qur’an, Tahsin

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Tahsin Al-Qur’an di Darul Huffadz yang bersifat konvensional, seperti ceramah saja sehingga siswa kurang memahami secara maksimal inti dari yang disampaikan. Sala satu strategi atau metode yang dapat mengatasi permasalahan tersebut ialah metode wafa, yakni metode belajar Al-Qur’an menggunakan otak kanan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode wafa terhadap bacaan Al-Qur’an siswa kelas VII MTs Pondok Pesantren Syafa’aturrasul.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Eksperimen dengan desain posstest-only control design. Yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII Darul Huffadz I sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII Darul Huffadz II sebagai kelas kontrol. Uji instrumen yang digunakan yaitu validitas isi yang sudah di judgment oleh tiga orang ahli, Uji realibilitas dengan menggunakan SPSS dan Uji Hipotesis uji “t” yaitu independent sampel t-test.

Hasil pengujian akhir diperoleh Sig. (1-Tailed) adalah 0,000 < 0,05 maka HO ditolak. Dapat disimpulkan penggunaan metode Wafa memberikan pengaruh yang baik dalam meningkatkan kemampuan bacaan Al-Qur’an siswa.    

Published
2024-02-07