PENERAPAN STRATEGI CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPS-2 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAA ISLAM (SKI) DI MAS SYAFA’ATURRASUL

  • Poni Yuspita Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Sopiatun Nahwiyah Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Alhairi Alhairi Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Strategi, Card Sort, Keaktifan Belajar

Abstract

Penelitian di latar belakangi oleh masih rendahnya keaktifan belajar siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru Sejarah Kebudayaan Islam di MAS Syafa’aturrasul. Dalam proses pembelajaran ditemukan gejala-gejala sebagai berikut: (1)         Guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MAS Syafa’aturrasul masih menggunakan metode dan strategi pembelajaran konvesional yang hanya memberikan catatan  kemudian menjelaskan dan memberikan tugas (2) Pembelajaran masih berpusat kepada Guru (teacher centered) (3) Siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran  (4) Siswa kurang aktif dan pasif dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga penelitian ini bertujuan menerapkan strategi Card Sort mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI IPS-2 di MAS Syafa’aturrasul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masng siklus dilakukan dalam satu pertemuan. Tahapan pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), meliputi perencanaan, pelaksaaan, pengamatan, dan refleksi. Penulis juga menggunakan alat pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Melalui penerapan strategi Card Sort, dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI IPS-2. Hal ini dilihat berdasarkan hasil analisis data yang penulis lakukan dengan menggunakan grafik  dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Card Sort pada mata pelajara Sejarah Kebudayaaan Islam (SKI) berjalan dengan baik dimana guru berserta siswa mampu menerapkan strategi Card Sort dalam pembelajaran sesuai langkah-langkah yang telah ditentukan. Dibuktikan Pra Siklus 56,07%. Pada Siklus I nilai rata-rata keaktifan belajar siswa menjadi 73,803%. Pada Siklus II nilai rata-rata keaktifan belajar siswa menjadi 87,139%. Hasil dari  respon 21 peserta didik kelas XI IPS-2 memperoleh rata-rata dengan persentase sebesar 90,47% dengan kategori valid.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-05-12
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times