DESKRIPSI PERENCANAAN JEMBATAN BETON BALOK T SAKO

  • Surya Adinata
Keywords: Balok T, Jembatan Beton, Sako

Abstract

Di daerah Sako ini belum memiliki jembatan permanen, dimana jembatan existingnya berupa jembatan kayu yang banyak dilalui oleh kenderaan truk ini perlu dirancang jembatan permanen. Penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan jembatan beton balok T bentang 25 meter kelas A (1,00m + 7,00m + 1,00m) dengan beban full 100% di ruas jalan Sako – Marga Sari Kabupaten Kuantan Singingi, Riau.

Tahapan penelitian diantarayna: Menentukan kondisi perancangan, jembatan dengan beton bertulang kelas A, Menentukan spesifikasi pembebanan pada jembatan, Perencanaan struktur atas jembatan, Perencanaan abutment, Menggambar Elemen Jembatan, dan Menghitung Rencana Anggaran Biaya. Pada perencanaan ini digunakan mengikuti standard Bina Marga dan beberapa referensi antara lain.

Hasil perencanaan adalah: Tinggi tiang sandaran yaitu 100 cm dan pipa sandaran pipa galvanis diameter 3”; Dimensi 4 gelagar memanjang yaitu 55 cm x 175cm x 2500 cm; Dimensi gelagar melintang (diafragma) yaitu 35 cm x 80 cm; Dimensi plat injak yaitu 450 cm x 250 cm x 25 cm; Tinggi abutment yaitu 600 cm, lebar telapak pondasi 400 cm; Diameter pondasi sumuran 400 cm dengan kedalaman 600 cm. Rencana Anggaran Biaya pembangunan jembatan Sako ini adalah Rp.2.687.951.555,00. Manajemen pelaksanaan pembangunan jembatan ini sebaiknya menggunakan Konsep Nilai Hasil (Earned Value Concept) .

Published
2021-02-26