ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN LINTAS TELUK KUANTAN – PEKANBARU DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANGKA EKIVALEN KECELAKAAN DAN MEODE UPPER CONTROL LIMIT
Abstract
Jalan proklamasi dan jalan gatot subroto merupakan jalan produksi atau jalan lintas Teluk Kuantan - Pekanbaru dimana termasuk jalan padat kendaraan karena merupakan jalan lintas. Dan seiring bertambahnya penduduk, semangkin banyak pula masyarakat menggunakan jalan untuk beraktivitas, hal ini secara tidak langsung menimbulkan permasalahan serta berdampaknya terjadi kecelakaan lalu lintas. Tujuan penelitian ini merupakaan ini adalah untuk mengetahui karakteristik kecelakaan lalu lintas di jalan lintas teluk kuantan pekanbaru selama periode 2019-2022, mengetahui lokasi rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas, dan memberikan alternative pencegahan kecelakaan lalu lintas di masa pendatang. Hasil dari karakteristik kecelakaan lalu lintas di jalan lintas teluk kuantan pekanbaru dari data polsek teluk kuantan selama empat tahun (2019-2022) berdasarkan lokasi per segmen tertinggi terjadi di segmen 4 dengan jumlah 13 kejadian, kecelakaan berdasarkan waktu (jam) tertinggi pada pukul 12.00-18.00 WIB dengan total 24 kejadian, kecelakaan berdasarkan hari tertinggi terjadi pada hari sabtu dengan total 15 kejadian, kecelakaan berdasarkan kelas korban tertinggi adalah luka ringan (LR) dengan total jumlah 32 korban, kecelakaan berdasarkan jenis kelamin tertinggi adalah berjenis kelamin laki-laki dengan total jumlah 20 korban, kecelakaan berdasarkan usia tertinggi terjadi pada usia kurang dari < 18 dan 23 -27 tahun dengan total jumlah 14 korban, dan kecelakaan berdasarkan jenis kendaraan adalah kendaraan sepeda motor dengan total jumlah 37. berdasarkan metode Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK) dan metode Upper Control Limit (UCL) terjadi di segmen 4 ditahun 2022 dengan nilai AEK = 36 dan nilai UCL = 35, segmen 3 ditahun 2020 dengan nilai AEK = 36 dan nilai UCL = 35, segmen 1 dengan nilai AEK = 15 dan nilai UCL = 14 ditahun 2019. Alternatif pencegahan dan penanganan yang diberikan atar lain adalah pemasangan rambu – rambu peringatan lalu lintas pada lokasi yang rawan terjadi kecelakaan, perbaikan jalan yang rusak pada lokasi rawan kecelakaan, dan penambahan marka jalan. Alternatif ini dilakukan untuk mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas dan jatuhnya korban
Downloads
Copyright (c) 2025 Lela Nurafnizar, Iwayan Dermana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.