IDENTIFIKASI ARSITEKTUR BANGUNAN TRADISIONAL DESA LUBUK TERENTANG KECAMATAN GUNUNG TOAR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Ria Asmeri Jafra Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Identifikasi , Arsitektur, Bangunan Tradisional

Abstract

Kabupaten Kuantan Singingi merupakan daerah yang baru berkembang. jika tidak diiringi dengan adanya upaya untuk melestarikan arsitektur tradisonal yang telah ditinggalkan selama ini, maka semua itu akan menimbulkan permasalahan baru dikemudian hari, Terutama pada arsitektur rumah tradisional. Dari sekian banyak Arsitektur tradisional yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi, di Desa Lubuk Terentang masih banyak berdiri Bangunan dengan bentuk Arsitektur Tradisional yang perlu di lestarikan, sehingga tidak terjadi kepunahan data dan informasi tentang Arsitektur Tradisional Desa Lubuk Terentang.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi Arsitektur Bangunan Tradisional yang ada di Desa Lubuk Terentang serta mengetahui berapa Banyak Bangunan yang masih digunakan sesuai fungsinya.

Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif.

Dari penelitian ini ditemukan bahwa ada 14 bangunan yang memiliki Arsitektur Tradisional dengan rincian 2 bangunan berfungsi sebagai Rumah Suku, 1 Bangunan berfungsi sebagai Balai Pertemuan dan 11 Bangunan berfungsi sebagai Rumah Tinggal. Dari ke 14 bangunan tersebut  10 bangunan masih dihuni dan 4 bangunan lainnya tidak dihuni lagi karena dalam kondisi rusak.

Published
2020-03-03