PENGUJIAN KEANDALAN STRUKTUR KANTOR DINAS SOSIAL DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA KABUPATEN KUANTAN SINGINGI YANG TELAH TERBAKAR

  • Surya Adinata
Keywords: Kantor Dinas Sosial dan PMD, Kebakaran, Hammer Test, Mutu Beton, Kerugian Finansial

Abstract

Kantor Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kuantan Singingi ini telah mengalami kebakaran pada hari Rabu 23 Agustus 2018 pukul 07:00 pagi sebelum sholat Idul Adha. Peneliti melakukan peninjauan dan pengujian terhadap struktur, arsitektur, dan utilitas pada gedung tersebut, sehingga kerusakan palingĀ  parah akibat lalapan si jago merah ini terlihat pada lantai II bangunan yang merupakan tempat Kepala Dinas dan sejumlah ruangan Kepala Bidang dan Staf. Sampai saat ini bangunan yang terbakar sudah tidak difungsikan dan terlihat terbengkalai. Peneliti bermaksud ingin mengetahui bagaimana kondisi bangunan gedung Dinas Sosial dan PMD yang terbakar tanggal 23 Agustus 2018 ini? Dan bagaimana pula kekuatan dan keandalan struktur bangunan seperti kolom, balok, lantai dan utilitas pada bangunan gedung Dinas Sosial dan PMD tersebut? Serta berapa kerugian finansialnya?

Luas bangunan kantor ini adalah 372,96 m2. Kerusakan pada beton struktur gedung paska bakar Dinas Sosial dan PMD diantaranya ini adalah spalling adalah gejala melepasnya sebagian permukaan dalam bentuk lapisan tipis (beberapa cm). Crazing adalah gejala retak remuk pada permukaan beton. Cracking (retak) adalah pemuaian besi beton dari pada betonnya sendiri. Hammer test merupakan suatu alat pemeriksaan mutu beton tanpa merusak beton. Menggunakan metode ini akan diperoleh cukup banyak data dalam waktu yang relatif singkat dengan biaya murah. Jenis pengujian yang dilakukan adalah dengan palu beton atau Schmitd Hammer ini mengacu pada SNI 03-4430-1997.

Berdasarkan hasil penelitian dilapangan pasca terbakar pada gedung kantor Dinas Sosial dan PMD kabupaten Kuantan Singingi ini, didapatkan hasil analisa sebagai berikut: (1). Struktur bangunan gedung terdiri dari; (a). Pada lantai II struktur kuda-kuda, jendela, pintu dan plafondĀ  bangunan yang terbuat dari kayu serta atap seng telah terbakar sehingga tidak bisa digunakan lagi. Namun seluruh struktur utama bangunan beton pada kolom, balok dan lantai masih bagus dan dapat direnovasi atau digunakan kembali. (b). Berdasarkan uji struktur dihasilkan nilai pantul uji Hammer pada beton kolom lantai II didapatkan angka terbesar adalah 480,72 kg/cm2 dan terkecil sebesar 400,72 kg/cm2 serta ring balok adalah 300,72 kg/cm2. Sehingga mutu kuat desak karakteristik struktur beton masih memenuhi mutu beton. (2). Utilitas terdiri dari ; (a). Instalasi Papan Control dan MCB listrik telah rusak. (b). Instalasi listrik seperti kabel, stop kontak, fiting lampu telah terbakar. (3). Kerugian Finansial adalah sebesar Rp728.119.091,40.

Published
2020-03-03