ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH MENABUNG DI BANK SYARIAH

  • Mariska Renita Ramadhanti universitas islam kuantan singingi
Keywords: Minat Mahasiswa, Menabung, Bank Syariah

Abstract

Minat mahasiswa merupakan kecenderungan mahasiswa dalam memilih menabung di bank mana sesuai dengan minat mahasiswa itu sendiri. Bank Syariah merupakan bank yang terdiri dari suatu lembaga keuangan yang terhindar dari riba, gharar, maysir, haram dan zalim. Alasan utama mahasiswa masih sedikit menabung di bank syariah karena masih banyak mahasiswa yang menabung di rumah dengan menggunakan celengan dan menurut mereka bisa diambil kapan pun mereka membutuhkannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat mahasiswa dalam menabung dan apa faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa tersebut menabung di bank syariah.

Penelitian ini dilakukan di universitas Islam Kuantan singingi. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Sedangkan dalam metode yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dokumentasi. Analisis data Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisa data secara deskriptip kuantitatif yaitu mendeskripsikan secara sistematis, factual, dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi tertentu, atau mencoba menggambarkan Fenomena Secara detail.

Hasil penelitian pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Mahasiswa Perbankan syariah masih sedikit menabung di bank syariah karena mereka masih menabung dirumah dengan menggunakan celengan dan menurut mereka menabung dicelengan mudah dan dapat diambil secara langsung saat mahasiswa tersebut membutuhkann nya. Dan hanya terdapat 26 orang mahasiswa yang telah menabung di bank syariah. Selain itu, ada Faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa perbankan syariah menabung di bank syariah yaitu: Faktor kebutuhan dari dalam diri individu, Faktor Motif Sosial, Faktor Emosional, Faktor pendapatan dan Faktor pengetahuan dan faktor dengan persentase tertinggi yaitu faktor pengetahuan.

Published
2021-06-28
Section
Articles