EVALUASI PEMBANGUNAN DESA KAMPUNG BARU SENTAJO KECAMATAN SENTAJO RAYA KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Muhammad Zaini universitas islam kuantan singingi
Keywords: Evaluasi Pembangunan Desa

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui tentang Evaluasi Pembangunan Desa Kampung Baru Sentajo Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi, dengan konsep teori yang dikemukakan oleh Limhanas (dalam Johan 2015:20) Salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah adanya pembangunan yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Mengoptimalkan beberapa sektor untuk pembangunan merupakan salah satu wujud usaha untuk membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih baik. Adapun indikator mengenai pembangunan infrastruktur atau fisik menurut Limhanas (dalam Johan 2015:20) ada tiga, Prasarana Perhubungan, Prasarana Produktif/Ekonomi, dan Prasarana Sosial.

Mengacu pada hal tersebut diatas maka rumusan penelitian yang akan diteliti adalah Evaluasi Pembangunan Desa Kampung Baru Sentajo Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. Dengan Jenis penelitian kualitatif yaitu metode-metode untuk mengeksplorasi dan memehami makna yang oleh sejumlah individu atau kelompok orang dianggap berasal dari masalah sosial atau kemanusiaan. Adapun lokasi penelitian dilakukan Didesa Kampung Baru Sentajo dengan informan Pemerintahan  Desa yang diwakili oleh seluruh Perangkat Desa, tokoh masyarakat dan masyarakat dalam penelitian ini yang dianggap mempunyai informasi yang dibutuhkan diwilayah peneliti. Metode yang digunakan untuk menentukan informan kunci tersebut, maka penulis menggunakan teknik proposiv sampling, yaitu teknik yang digunakan ketika peneliti mempunyai pertimbangan –pertimbangan tertentu dalam pengambilan sampelnya. Data yang dikumpulkan meliputi data primer dan skunder Sedangkan teknik pengumpulan data yang dugunakan adalah wawancara terstruktur yaitu menggunakan instrumen pedoman wawancara tertulis yang berisi pertanyaan yang akan diajukan kepada informan, observasi dan dokumentasi.

Hasil dari penelitan dapat disimpulkan bahwasanya Evaluasi pembangunan Desa Kampung Baru Sentajo Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi sudah dilaksanakan dengan baik.

Published
2022-03-20
Section
Articles